a

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
sekolah                      : SMK Negeri
1 Sragi
Mata Pelajaran                    :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/semester                     :  X/ 1
Program                                 :
Semua Bidang Keahlian
Standar Kompetensi           : 2.   Memahami proses kebangkitan nasional                           
Kompetensi Dasar               : 2.1. Menjelaskan proses
perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat, serta pengaruh yang
ditimbulkannya di berbagai daerah. 
Indikator                               : 
1.      
Menjelaskan
pengertian kolonialisme dan imperialisme barat
2.      
Mendeskripsikan
latar belakang kedatangan bangsa barat di Indonesia
3.      
Mendeskripsikan
proses masuknya pengaruh barat di Indonesia
4.      
Menjelaskan
pengaruh kolonialisme dan imperialisme barat di Indonesia
Alokasi Waktu               : 
2  x 45 menit ( 2 x  Pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.    
menjelaskan pengertian kolonialisme dan imperialisme
barat.
2.    
mendeskripsikan latar belakang kedatangan bangsa barat ke
Indonesia
3.    
menjelaskan pengaruh kolonialisme dan imperialisme barat
di Indonesia
4.    
menjelaskan perlawanan bangsa Indonesia menghadapi
kekuasaan asing
B. Materi
Pembelajaran
1.      
Kolonialisme dan
imperialisme barat
2.      
Pengaruh
kolonialisme dan imperialisme barat di Indonesia 
3.      
Bentuk perlawanan
terhadap pengaruh asing di Indonesia
C. Metode
Pembelajaran
- informasi
- kerja mandiri
- inquiry
- diskusi
D.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      
Pertemuan
I
| 
No. | 
Kegiatan Pembelajaran | 
Alokasi Waktu | 
Aspek Lifeskill yang
  Dikembangkan | 
| 
1. | 
Pendahuluan 
a.      
  Apresepsi 
Guru mempersiapkan kelas untuk
  proses pembelajaran seperti ruang kelas, presensi, dan menjelaskan secara
  singkat tentang kedatangan bangsa barat ke Indonesia. 
b.  Memotivasi 
Guru menjelaskan tujuan
  belajar tentang kolonialisme dan imperialisme barat di indonesia. Misalnya,
  dengan mempelajari materi ini, kita dapat lebih menghargai jasa para pahlawan
  dan tidak jatuh lagi pada pengaruh bangsa asing.    | 
10 Menit |  | 
| 
2. | 
Kegiatan Inti 
  a.      Siswa memperhatikan
  guru menampilkan peta konsep proses kolonialisme dan imperialisme barat di
  indonesia. 
  b.      Siswa mendengarkan
  penjelasan tentang latar belakang dan proses kedatangan bangsa barat ke
  Indonesia.  
   c.      Siswa mengerjakan
  latihan dalam buku halaman 42 dan 49.  
  d.      Siswa mengumpulkan
  tugas pribadi untuk dinilai. 
   e.      Siswa mendiskusikan Video
  yang di berikan oleh guru.  
   f.      Siswa membacakan hasil
  diskusinya di depan kelas. Siswa yang lain boleh menanggapi hasil diskusinya.
  Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.  
   g.      Siswa dan guru membuat
  kesimpulkan singkat tentang diskusi kelompok. | 
60 Menit |  | 
| 
3. | 
Kegiatan Akhir 
a.      
  Refleksi 
Siswa dan guru membuat
  rangkuman bersama tentang latar belakang dan proses kedatangan bangsa barat
  ke Indonesia.  
b.      
  Penilaian 
Guru memberi penilaian
  terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi. 
c.       
  Penugasan 
Guru memberi tugas kepada siswa
  untuk membuat karangan tentang Indonesia pada masa tanam paksa.  | 
10 Menit |  | 
2.      
Pertemuan II
| 
No. | 
Kegiatan
  Pembelajaran | 
Alokasi Waktu | 
Aspek Lifeskill yang
  Dikembangkan | 
| 
1. | 
Pendahuluan
a.   Apresepsi 
Guru mempersiapkan kelas untuk
  proses pembelajaran seperti ruang kelas, presensi. Kemudian guru mengulang
  kembali secara ringkas materi pertemuan sebelumnya. 
b.   Memotivasi 
Guru menjelaskan tujuan
  mempelajari pengaruh dan bentuk perlawanan bangsa Indonesia terhadap kekuatan
  asing di Indonesia.     | 
10 Menit |  | 
| 
2. | 
Kegiatan Inti
a.       Siswa mendengarkan
  penjelasan dari guru tentang pengaruh kolonialisme dan imperialisme barat
  terhadap bangsa Indonesia. Siswa membuat catatan ringkas dari penjelasan
  guru. 
b.       Siswa mengerjakan
  sendiri latihan evaluasi hasil pembelajaran 
c.       
  Siswa dibagi atas 10 kelompok mendiskusikan
  masing-masing satu sejarah perlawanan bangsa Indonesia  
d.       Wakil siswa membacakan
  hasil diskusinya di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara
  klasikal.  
e.       
  Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi.  | 
60 Menit |  | 
| 
3. | 
Kegiatan Akhir 
a.      
  Refleksi  
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang
  pengaruh kolonialisme dan berbagai perlawanan rakyat terhadap kekuasaan asing
  di Indonesia. Siswa mencatat beberapa hal yang penting.   
b.      
  Penilaian 
Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja
  siswa secara individu, dan hasil diskusi siswa. 
c.       
  Penugasan  
Guru memberi tugas menulis membuat tulisan
  berdasarkan data kepribadian siswa.   | 
10 Menit |  | 
E. Sumber pembelajaran:
1.       Buku IPS SMK/MAK 
2.       Masalah-masalah sosial 
3.       Internet
4.       Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku
tambahan. 
F. Media 
1.
Papan tulis
2.
Lembar soal
3.
Transparan Konsep
4.
Power Point
G.Penilaian
1.      
Mengerjakan
latihan pada buku
2.      
Test pilihan
ganda dan uraian 
3.      
Membuat karangan
singkat menanggapi contoh kasus yang di beriakan oleh guru
4.      
Penilaian hasil
diskusi
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
| 
No. | 
Nama | 
ASPEK PENILAIAN | 
Total nilai | 
Presentasi | ||||
| 
Sikap | 
Keaktifan | 
Wawasan | 
Kemampuan mengemukakan pendapat | 
Kerja sama | ||||
|  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
Keterangan: nilai
maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
| 
No | 
Nama Siswa | 
Aspek yang Dinilai | 
Skor/ Jumlah | |||||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
6 | |||
|  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa
     yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran:                                                                           Jumlah
skor:
A. Tidak Baik       Skor 1                                                    24—30
 = Sangat Baik
B. Kurang Baik    Skor 2                                                    18—23  = Baik
C. Cukup Baik     Skor 3                                                    12—17  = Cukup
D. Baik                  Skor 4                                                    
6—11    = Kurang
E. Sangat Baik     Skor 5
FORMAT
PENILAIAN PROSES DISKUSI
| 
No | 
Nama Siswa | 
Kriteria
  Penilaian | 
Jumlah
  Skor | ||||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | |||
| 
1 |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
2 |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
dst |  |  |  |  |  |  |  | 
Keterangan:
                                                                                         Rentang skor :
1—3
1.      
Aktivitas dalam kelompok                                                    2—15                     =
Sangat baik
2.      
Tanggung jawab
individu                                                      9—11                     = Baik    
3.      
Pemikiran                                                                  6—8                       = Cukup                
4.      
Keberanian
berpendapat                                                       3—5                        = Kurang
5.      
Keberanian tampil  
Mengetahui                                                                                                    Sragi,
Juli 2015
Kepala Sekolah,                                                                                            Guru
Mata Pelajaran,
IWP
Adi Gunawan, S.Pd                                                                            Wayan
Putra, S.Pd.
NIP. 19690523 200003 1 004                                                                                    

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
sekolah                      : SMK Negeri
1 Sragi
Mata Pelajaran                    :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/semester                     :  X/ 1
Program                                 :
Semua Bidang Keahlian
Standar Kompetensi           : 2.   Memahami proses kebangkitan nasional                           
Kompetensi Dasar               : 2.2. Menguraikan proses
terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan
pergerakan kebangsaan Indonesia. 
Indikator                               : 
1.      
Mengidentifikasi
paham-paham yang mendasari munculnya pergerakan nasional
2.      
Mendiskripsikan
perkembangan beberapa gerakan kebangsaan di Asia Tenggara
3.      
Menjelaskan
terbentuknya kesadaran nasionalisme di Indonesia
4.      
Mendiskripsikan
perkembangan pergerakan kebangsaan di Indonesia
Alokasi Waktu               : 
2  x 45 menit ( 2 x  Pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.       menghubungkan faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme, pan-islamisme,
dan demokrasi dengan munculnya kesadaran kebangsaan Indonesia
2.       mendiskripsikan perkembangan beberapa gerakan
kebangsaan di Asia Tenggara
3.       menjelaskan terbentuknya kesadaran nasionalisme di
Indonesia
4.       mendiskripsikan perkembangan pergerakan kebangsaan di
Indonesia
B. Materi
Pembelajaran
1.      
Paham liberalisme, sosialisme,
nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi
2.      
Gerakan kebangsaan
di Asia Tenggara
3.      
Pergerakan
kebangsaan di Indonesia
C. Metode
Pembelajaran
1.       informasi
2.       kerja mandiri
3.       inquiry
4.       diskusi
D.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.       Pertemuan I
| 
No. | 
Kegiatan Pembelajaran | 
Alokasi Waktu | 
Aspek Lifeskill yang
  Dikembangkan | 
| 
1. | 
Pendahuluan 
a.      
  Apresepsi 
Guru mempersiapkan kelas untuk
  proses pembelajaran seperti ruang kelas, presensi, dan menjelaskan secara
  singkat hubungan antara materi sebelumnya dengan materi kesadaran kebangsaan
  di Indonesia. 
b.  Memotivasi 
Guru menjelaskan tujuan
  belajar tentang kesadaran kebangsaan di Indonesia. Misalnya, dengan
  mempelajari materi ini, kita dapat lebih meyakini pentingnya persatuan dan
  kesatuan.    | 
10 Menit |  | 
| 
2. | 
Kegiatan Inti 
      
  a.     
  Siswa memperhatikan guru menampilkan peta konsep proses
  kesadaran berbangsa di Indonesia. 
      
  b.     
  Siswa mendengarkan penjelasan singkat tentang
  faham-faham yang mempengaruhi pergerakan kebangsaan di Asia Tenggara.  
       
  c.     
  Siswa mencari artikel di
  perpustakaan dan internet mengenai faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme,
  pan-islamisme, dan demokrasi serta kesadaran berbangsa di Asia. 
      
  d.     
  Siswa mengerjakan latihan  
       
  e.     
  Siswa mengumpulkan tugas pribadi untuk dinilai. 
       
  f.     
  Siswa mendiskusikan akivitas contoh kasus yang di
  berikan oleh guru.  
       
  g.     
  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa
  yang lain boleh menanggapi hasil diskusinya. Guru bertindak sebagai pemandu
  diskusi kelas.  
      
  h.     
  Siswa dan guru membuat kesimpulkan singkat tentang
  diskusi kelompok. | 
60 Menit |  | 
| 
3. | 
Kegiatan Akhir 
d.      
  Refleksi 
Siswa dan guru membuat
  rangkuman bersama tentang kesadaran berbangsa di Asia Tenggara.  
e.       
  Penilaian 
Guru memberi penilaian
  terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi. 
f.       
  Penugasan 
Guru memberi tugas kepada siswa
  untuk menganalisis kelebihan dan kelemahan berbagai faham di dunia.  | 
10 Menit |  | 
2.       Pertemuan II
| 
No. | 
Kegiatan
  Pembelajaran | 
Alokasi Waktu | 
Aspek Lifeskill yang
  Dikembangkan | 
| 
1. | 
Pendahuluan
      
  a.     
  Apresepsi 
Guru mempersiapkan kelas untuk
  proses pembelajaran seperti ruang kelas, presensi. Kemudian guru mengulang
  kembali secara ringkas materi pertemuan sebelumnya. 
      
  b.     
  Memotivasi 
Guru menjelaskan tujuan
  mempelajari perkembangan kesadaran berbangsa di Indonesia.     | 
10 Menit |  | 
| 
2. | 
Kegiatan Inti
      
  a.     
  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang
  bagaimana proses terbentuknya kesadaran nasionalisme di Indonesia. Siswa
  membuat catatan ringkas dari penjelasan guru. 
      
  b.     
  Siswa mengerjakan sendiri latihan  
       
  c.     
  Siswa dibagi atas beberapa kelompok mendiskusikan
  paling kurang dua organisasi pergerakan kebangsaan Indonesia.  
      
  d.     
  Wakil siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas.
  Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal.  
       
  e.     
  Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi.  | 
60 Menit |  | 
| 
3. | 
Kegiatan Akhir 
a.      
  Refleksi  
Siswa dan guru membuat rangkuman
  bersama tentang pergerakan kebangsaan di Indonesia. Siswa mencatat beberapa
  hal yang penting.   
b.      
  Penilaian 
Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja
  siswa secara individu, dan hasil diskusi siswa. 
c.       
  Penugasan  
Guru memberi tugas menulis membuat tulisan
  berdasarkan data kepribadian siswa.   | 
10 Menit |  | 
C.  Sumber pembelajaran:
1.       Buku IPS SMK/MAK 
2.       Masalah-masalah sosial 
3.       Internet
4.       Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku
tambahan. 
D.      Media 
1.Papan tulis
2. Lembar soal
3. Transparan Konsep
   4. Power
Point
E.       Penilaian
1.       Mengerjakan latihan pada buku
2.       Test pilihan ganda dan uraian.
3.       Penilaian hasil diskusi
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
| 
No. | 
Nama | 
ASPEK PENILAIAN | 
Total nilai | 
Presentasi | ||||
| 
Sikap | 
Keaktifan | 
Wawasan | 
Kemampuan mengemukakan pendapat | 
Kerja sama | ||||
|  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
Keterangan: nilai
maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
| 
No | 
Nama Siswa | 
Aspek yang Dinilai | 
Skor/ Jumlah | |||||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
6 | |||
|  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan
     menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran
     berbicara.
Penskoran:                                                                           Jumlah
skor:
A. Tidak Baik       Skor 1                                                    24—30
 = Sangat Baik
B. Kurang Baik    Skor 2                                                    18—23  = Baik
C. Cukup Baik     Skor 3                                                    12—17  = Cukup
D. Baik                  Skor 4                                                    
6—11    = Kurang
E. Sangat Baik     Skor 5
FORMAT
PENILAIAN PROSES DISKUSI
| 
No | 
Nama Siswa | 
Kriteria
  Penilaian | 
Jumlah
  Skor | ||||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | |||
| 
1 |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
2 |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
dst |  |  |  |  |  |  |  | 
Keterangan:
                                                                                         Rentang skor :
1—3
- Aktivitas dalam
     kelompok                                                                2—15                     =
     Sangat baik       
- Tanggung jawab individu                                                  9—11                     = Baik    
- Pemikiran                                                                              6—8                       = Cukup                
- Keberanian berpendapat                                                   3—5                        = Kurang              
- Keberanian tampil              
Mengetahui                                                                                                    Sragi,
Juli 2015
Kepala Sekolah,                                                                                            Guru
Mata Pelajaran,
IWP
Adi Gunawan, S.Pd                                                                            Wayan
Putra, S.Pd.
NIP. 19690523 200003 1 004                                                                                    
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar