Kamis, 23 Maret 2017

RADEN INTAN

ASAL MULA KERATUAN RATU MELINTING DAN KERATUAN RATU DARAHPUTIH
Ratu Dipugung atau Ratu Galuh mempunyai dua orang anak laki-laki. Anak pertema bernama Seginder Alam dang yang kedua bernama Gayung Gerunggung. Seginder Alam mempunyai seorang anak gadis yang bernama Putri Sinar Kaca, sedangkan Gayung Gerunggung juga mempunai seorang anak gadis yang bernama Putri Sinar Alam.
Kala itu datanglah Sultan Banten ke Lampung, ia melihat cahaya terang yang memenacar dari bumi ke langit. Sultan mendapat firasat bahwa di Pugung ada seorang putri yang dapat mengakibatkan hal baik jika menikah dengannya. Ratu Dipugung menunjukkan cucunya yaitu putri Seginder Alam yang tak lain adalah Putri Sinar Kaca. Dan kemudian Sultan pun menikahi Putri Sinar Kaca.

Beberapa lama setelah Sultan menikahi Putri Sinar Kaca, Sultan memutuskan untuk kembali sementara ke Banten tanpa Putri Sinar Kaca. Belum lama Sultan berada di Banten, ia melihat kembali cahaya terang yang memenacar dari bumi ke langit seperti yang ia lihat sebelum menikahi Putri Sinar Kaca. Sang Sultan berkata dalam hatinya, “Jika demikian, tentu putri itu masih ada di Pugung (Lampung). Putri yang kunikahi ternyata bukanlah yang terlihat sinarnya itu.” Oleh sebab itu, Sultan memutuskan untuk kembali ke Lampung, tujuannya bukan untuk menemui istrinya “Putri Sinar Kaca” tetapi akan mencari dan menikahi sesegera mungkin Putri yang terlihat sinarnya tadi.
Setelah tiba di Pugung, ia terus berkata pada kakeknya yaitu Ratu Dipugung, bahwasanya yang dinikahinya itu bukanlah putri yang terlihat di dalam sinar yang dilihatnya. Ratu Dipugung lalu menunjukkan cucunya yang lain, putri Gayung Gerunggung yaitu Putri Sinar Alam. Akhirnya Sultan pun menikahinya. Beberapa lama setelah Sultan menikahi Putri Sinar Alam, Sultan memutuskan untuk kembali lagi sementara ke Banten tanpa Putri Sinar Alam.
Beberapa lama sang Sultan berada di Banten, Putri Sinar Kaca melahirkan seorang putra yang diberi nama Kejalo Bidin. Dan kemudian Putri Sinar Alam pun melahirkan seorang putra yang bernama Kejalo Ratu. Kejalo Bidin dan Kejali Ratu tumbuh dan besar di Pugung Lampung. Saat mereka berdua bermain di halamn rumah mereka, mereka melihat tiga ekor burung perkutut yang hinggap di pelepah pohon kelapa, mereka memandang ketiga ekor burung perkutut tersebut dan berlari kepada ibu mereka untuk bertanya:
”Mengapa burung perkutut itu ada tiga ekor, biasanya hanya ada sepasang burung perkutut? Tanya Kejalo Bidin (anak Putri Sinar Kaca). Putri Sinar Kaca pun menjawab ”Yang di sebelah kiri adalah induknya, di tengah adalah anaknya, dan di sebelah kanan adalah anaknya”. Kejalo Bidin pun kembali melontarkan kata-kata ”berarti kami pun mempunyai seorang ayah pula, siapa ayah kami Ibu??”
Putri Sinar Kaca pun tidak berkenan menjelaskan kepada keduanya. Dengan bersikeras mereka berdua selalu memaksa Putri Sinar Kaca untuk menjelaskan kepada mereka yang akhirnya Putri Sinar Kaca pun menceritakan kepada mereka berdua bahwa ayah mereka adalah sama yaitu Sultan Banten.
Setelah mereka tumbuh dewasa, mereka berdua pun memutuskan pergi ke Banten untuk menemui ayah mereka yaitu Sultan Banten. Tiba mereka di Banten dan bertemu Sultan Banten, Sultan Banten pun tidak langsung percaya pada pernyataan mereka berdua, dan sang Sultan memutuskan untuk menoreh pedangnya di dahi kedua bersaudara tersebut, jika darah putih yang keluar dari dahi mereka maka benar mereka berdua adalah putranya.
Sang Sultan pun mencabut pedangnya dan menorehkannya ke dahi kedua bersaudara itu. Ternyata darah putih bercampur kemerahan keluar dari dahi Kejalo Bidin, sedangkan darah putih keluar dari dahi Kejalo Ratu. Sang Sultan pun langsung percaya dan yakin bahwa mereka berdua adalah putra kandungnya.
Sultan pun memberikan gelar kepada kedua putra kandungnya. Kejalo Bidin diberi gelar ”MINAK KEJALO BIDIN”, sedangkan Kejalo Ratu diberi gelar ”MINAK KEJALO RATU DARAHPUTIH”.
Mereka berdualah yang menjadi cikal bakal kebuaian Melinting dan kebuaian Ratu Darahputih. Minak Kejalo Bidin di Melinting dan Minak Kejalo Ratu Darahputih di Kalianda.
Setelah bertahun-tahun sejak peristiwa itu, Ratu Dipugung meminta dua orang ini mendirikan keratuan baru di dalam keratuan Ratu Dipugung. Minak Kejalo Bidin diminta mendirikan keratuan di Melinting (Labuhanmaringgai) dan Minak Kejalo Ratu Darahputih di Kalianda. Keturunan Ratu Darahputih di Kalianda diantaranya adalah Raden Intan yang menjadi pahlawan nasional asal Lampung (perkiraannya Raden Intan keturunan yang ketujuh dari Minak Kejalo Ratu Darahputih).

RPP IPA KELAS X

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pendidikan       : SMKN 1 SRAGI
Kelas                           : X
Semester                         : 2
Program Keahlian          : Semua Program Keahlian
Mata Pelajaran                : IPA
Waktu                              :10 x 40’ (5x pertemuan )

Standar Kompetensi
Memahami gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk  memperoleh informasi gejala alam abiotik. 

Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menjelaskan 3 peristiwa yang membuktikan bahwa bumi bulat.
2.      Menjelaskan bentuk bumi tidak bulat seperti bola.
3.      Menjelaskan periode rotasi bumi.
4.      Menjelaskan akibat rotasi bumi.
5.      Menjelaskan pengertian eliptika.
6.      Menjelaskan periode revolusi bumi.
7.      Menjelaskan akibat revolusi bumi.
8.      Menjelaskan 3 gerak bulan.
9.      Menjelaskan perubahan bentuk bulan.
10.  Menjelaskan peristiwa pasang naik dan pasang surut.
11.  Menjelaskan peristiwa gerhana bulan dan gerhana matahari.

Tujuan Pembelajaran

v Pertemuan 1
     
1.      Siswa dapat menjelaskan 3 peristiwa yang membuktikan bahwa bumi bulat melalui tanya jawab dengan    benar.
2.      Siswa dapat menjelaskan bentuk bumi tidak persis seperti bola melalui ceramah interktif dan tanya jawab dengan benar.
3.      Siswa dapat menjelaskan peristiwa rotasi bumi melalui tanya jawab dengan benar.

v Pertemuan II
1.      Siswa dapat menjelaskan 4 akibat dari rotasi bumi melalui tanya jawan dengan benar.
2.      Siswa dapat menyebutkan periode peredaran benda-benda langit (matahari, bintang dan bulan) melalui tugas baca dengan benar.
3.      Siswa dapat menjelaskan   pembagian waktu secara internasioanal melalui tanya dengan benar.
4.      Siswa dapat menjelaskan 3 daerah waktu di Indonesia melalui tanya jawab dengan benar.
5.      Siswa dapat menentukan waktu pada daerah tertentu melalui ceramah interaktif dengan benar.
6.      Siswa dapat menjelaskan pembelokan arah angin akibat rotasi bumi melalui pengamatan gambar dengan benar
7.      Siswa dapat menjelaskan arah pembelokan arus laut akibat rotasi bumi melalui Tanya jawab dengan benar



v Pertemuan III
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian ekliptika melalui tanya jawab dengan benar.
2.      Siswa dapat menjelaskan 4 akibat dari rotasi bumi melalui tanya jawabdengan benar.
3.      Siswa dapat menjelaskan gerak semu tahunan matahari melalui pengamatan diagram dengan tepat.
4.      Siswa dapat menjelaskan saat semua tempat di bumi mendapat sinar matahari selama 12 jam melalui pengamatan diagram dengan tepat.
5.      Siswa dapat menjelaskan 4 macam pergantian musim di belahan bumi utara atau selatan melalui melalui tanya jawab dan pengamatan gambar dengan benar.
6.      Siswa dapat menjelaskan ketidakcocokan kalender Julian dengan kalender matahari melalui ceramah interaktif dengan benar.

v Pertemuan IV
1.      Siswa dapat menjelaskan 3 gerak bulan melalui tanya jawab denganbenar.
2.      Siswa dapat menjelaskan 5 fase bulan (perubahan bentuk bulan) melalui pengamatan gambar dengan benar.
3.      Siswa dapat menjelaskan peristiwa pasang naik dan pasang surut melalui tanya jawab dengan benar.
4.      Siswa dapat menjelaskan peristiwa gerhana bulan dan gerhana matahari melalui pengamatan gambar dengan benar.


Materi Ajar
Ø Pertemuan I.
Konsep :
ü Bukti bahwa bentuk bumi bulat
1.      Kapal yang meninggalkan pelabuhan mengikuti lengkung bumi, mula-mula badan kapal menghilang & akhirnya tiang-tiangnya.
2.      Kapal yang berlayar terus ke satu arah tertentu akan kembali ke tempat semula. Pelayaran ini pertama kali dilakukan oleh Magelhan Tahun 1522.
3.      Bukti yang tak terbantahkan adalah potret bumi dari pesawat Apollo 17 bulan Desember 1972.

Fakta :
o  Bentuk bumi tidak bulat seperti bola, tetapi agak pepat di kedua kutubnya dan menggembung di sekitar khatulistiwa.
o  Bumi berputar dengan posisi miring sekitar 230.
o  Bumi berotasi dari barat ke timur (negative=berlawanan dengan arah jarum jam)…
o  Kelajuan rotasi bumi 1667 km/jam.

Ø Pertemuan II.   
      Akibat rotasi bumi :
      Konsep :
o  Peredaran semu harian benda-benda langit.
Peredaran semu benda-benda langit berbeda akibat rotasi bumi.
o  Pergantian siang dan malam.
Karena periode peredaran semu harian matahari 24 jam, maka panjang siang atau malam rata-rata 12 jam. Panjang periode siang & malam di khatulistiwa hampir sama sepanjang tahun yaitu siang 12 jam & malam 12 jam. Perbedaan panjang siang dan malam akibat perbedaan posisi di bumi. Semakin jauh dari khatulistiwa semakin besar perbedaan siang&malam.
o  Perbedaan waktu.
Perbedaan waktu tergantung pada perbedaan garis bujur. Ketika bumi berotasi satu kali, semua tempat di bumi telah berputar menempuh 3600 garis bujur. Satu kali rotasi adalah 24 jam atau 1440 menit. Jadi 3600 ditempuh dalam waktu 1440 menit maka waktu yang diperlukan untuk 10 adalah 4 menit. Jadi tempat yang berbeda 10bujur akan berbeda waktu 4 menit.
o  Pembelokan arah angin.
Aliran angin membelok ke kanan pada belahan bumi utara, dan membelok ke kiri pada belahan bumi selatan disebut efek coriolis.
o  Pembelokan arus laut.
Arah pembelokan angin sama dengan pembelokan arus laut.
o  Perbedaan percepatan gravitasi di permukaan bumi.

Fakta :
o  Benda-benda langit beredar dari timur ke barat.
o  Peredaran semu harian matahari : 24 jam, bintang 23 jam 56 menit, bulan 24 jam 50 menit.
o  Di khatulistiwa  lama siang dan malam hamper sama yaitu siang 12 jam dan malam 12 jam.
o  Semakin jauh dari khatulistiwa semakin besar perbedaan siang dengan malam.
o  Bumi berotasi dari barat ke timur sehingga orang di Indonesia bagian timur lebih duluan melihat matahari dari orang di Indonesia bagian barat.
o  Rotasi bumi menyebabkan pembelokan arah angin.
o  Udara bergerak dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah.
o  Aliran angin membelok ke kanan pada belahan bumi utara, dan membelok ke kiri pada belahan bumi selatan.
o  Arus laut membelok searah jarum jam di laut-laut belahan bumi utara dan berlawanan arah jarum di laut-laut belahan bumi selatan.
o  Percepatan gravitasi di kutub besar dari pada disekitar khatulistiwa.

Ø Pertemuan III
Konsep :
Akibat revolusi bumi
o  Gerak semu tahunan matahari.
o  Pergantian musim.
o  Perbedaan lamanya siang dan malam.
o  Terlihatnya rasi bintang yang berbeda-beda.
o  Tarikh matahari.

Fakta :
ü Periode revolusi bumi adalah 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik
ü Matahari melakukan pergerakan semu tahunan ke utara dan ke selatan khatulistiwa.
ü Di daerah beriklim subtropis mengalami 4 musim yaitu musim semi, musim panas,musim gugur dan musim dingin.
ü Pada musim panas dan musim semi  waktu siang lebih lama, pada waktu musim gugur dan musim dingin waktu malam lebih lama.
ü Indonesia mengalami  dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan.
ü Antara bulan Oktober – Maret Indonesia mengalami musim kemarau, sedangkan antara bulan April – September Indonesia mengalami musim hujan.
ü Dari bulan ke bulan rasi bintang yang terlihat berbeda- beda.
ü Selain melakukan gerak revolusi bumi juga melakukan gerak presisi yang arahnya positif.

Ø Pertemuan IV
Konsep
ü Bulan
Fase bulan
ü Perubahan bentuk semu bulan berlangsung selama satu bulan sinodik adalah 29,5 hari.
v  Pada kedudukan 1 (bulan baru)
Bulan ,matahari dan bumi terletak pada satu garis lurus.
v  Kedudukan 2 (bulan sabit)
Separoh bagian bulan yang menghadap ke bumi hanya ⅓ yang terkena sinar     matahari.
v  Kedudukan 3 (Perbani awal)
Separoh bagian bulan yang menghadap bumi hanya   yang terkena sinar matahari.
v  Kedudukan 4 (bulan benjol)
Separoh bagian bulan yang menghadap ke bumi ⅔ yang terkena sinar matahari.
v  Kedudukan 5 (bulan purnama)
Matahari, bumi dan bulan kembali terletak pada satu garis lurus dan bumi berada antara matahari dan bulan.
o  Pasang naik dan pasang surut disebabkan adanya gaya tarik bulan terhadap bumi.
o  Gerhana bulan dan gerhana matahari.
o  Gerhana bulan dan gerhana matahari disebabkan oleh bayangan bumi atau bulan  yang  menutupi sinar matahari.

Fakta :
o  Bulan sebagai satelit alami bumi melakukan 3 gerakan sekaligus, yaitu:
1.         Revolusi, yaitu gerak bulan mengelilingi bumi.
2.         Rotasi, gerak bulan pada porosnya.
3.         Bersama-sama dengan bumi mengelilingi matahari.
o  Permukaan bulan yang menghadap ke bumi selalu sama.


Metode Pembelajaran
o   Ceramah interaktif
o   Tanya jawab
o   Diskusi kelompok

Kegiatan Pembelajaran

Langkah – langkah kegiatan

Pertemuan 1
No.
Kegiatan
Karakter
Waktu
1.











2.














3
Pendahuluan
a. Prasyarat
§  Guru mengucapkan salam
§  Guru memimpin siswa berdoa
§  Guru mengambil absen siswa
§  Apersepsi pelajaran semester 1 atau pengamatan di lingkungan siswa sendiri.
§  Mengawali pelajaran dengan bertanya kepada siswa tentang bentuk bumi dan bentuk lapisan kulit bumi.
b. Motivasi
§  Apakah bentuk permukaan bumi itu bulat persis seperti bola?
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
§  Guru memperkenalkan SK dan KD yang akan dipelajari.
§  Guru memperlihatkan globe
Elaborasi
§  Guru mengemukakan konsep tentang bentuk bumi.
§  Guru dan siswa bertanya jawab tentang peristiwa yang membuktikan bumi bulat.
§  Guru dan siswa bertanya jawab tentang bentuk bumi yang bulat seperti jeruk.
§  Siswa menjawab beberapa pertanyakan yang disediakan oleh guru tentang rotasi bumi.
Komfirmasi
§  Siswa membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
§  Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
Penutup
§  Mengevaluasi siswa dengan memberikan pertanyaan sesuai dengan indikator yang ingin dicapai.
§  Member tugas pada siswa untuk membaca materi tentang akibat rotasi bumi.


Religius
Religius
Disiplin





Rasa ingin tahu


Rasa ingin tahu



Komunikatif







Komunikatif



Mandiri
10












60













    

  10

Pertemuan II
No.
Kegiatan
Karakter
Waktu
1.








2.





















3.
Pendahuluan
§  Guru mengucapkan salam.
§  Guru memimpin siswa berdoa.
§  Guru mengambil absen siswa.
§  Guru memberikan pertanyaan tentang materi pada.
 Pertemuan 1
§  Sebagai motivasi guru menanyakan akibat dari rotasi bumi.

Kegiatan Inti
Eksplorasi :
§  Guru menginformasikan konsep tentang akibat dari rotasi bumi.
Elaborasi
§  Siswa dibagi atas 4 kelompok, masing-masing kelompok bekerja untuk mendiskusikan akibat rotasi bumi.
§  Dalam kelompok siswa mengisi pertanyaan yang disediakan guru.
§  Guru meminta siswa untuk mendiskusikan jawaban pertanyaan ke papan tulis oleh masing-masing kelompok.
Komfirmasi
§  Guru dan siswa mendiskusikan jawaban untuk membuat kesimpulan.
§  Guru meminta siswa untuk mencatat kesimpulan.
§  Guru memastikan bahwa seluruh siswa telah mengetahui jawaban yang benar.
§  Guru memberikan penekanan tentang konsep-konsep penting.

Penutup
§  Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang kerjanya baik.
§  Guru memberikan pertanyaan sesuai indikator yang ingin dicapai sebagai test formatif.

Religius
Religius
Disiplin


Rasa ingin tahu






Toleransi


Kerjasama

Demokratis
10








60





















10
Pertemuan III
No.
Kegiatan
Karakter
Waktu
1.








2.














3.
Pendahuluan
§  Guru mengucapkan salam.
§  Guru memimpin siswa berdoa.
§  Guru mengambil absen siswa.
§  Guru menanyakan pelajaran minggu lalu yaitu tentang rotasi bumi.
§  Sebagai motivasi guru menanyakan gerakan lain yang dilakukan bumi selain rotasi.

Kegiatan Inti
Eksplorasi :
§  Guru memberikan informasi tentang revolusi bumi dan akibat revolusi bumi.
§  Dalam kelompok diskusi siswa berdiskusi tentang akibat dari revolusi bumi.
§  Siswa mencatat hasil diskusi kelompok.
§  Siswa membacakan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
Komfirmasi
§  Siswa dan guru membuat kesimpulan hasil diskusi kelas.
§  Guru memberikan penekanan tentang konsep-konsep penting.

Penutup
§  Guru mengevaluasi siswa dengan memberikan pertanyaan sesuai indikator (test formatif secara lisan).
§  Guru memberikan tugas baca kepada siswa tentang bulan, pasang naik dan pasang surut serta peristiwa  gerhana.

Religius
Religius
Disiplin


Rasa ingin tahu





Demokratis

Gemar membaca


Komunikatif







Kerja keras
10 menit








60 menit














10 menit

Pertemuan IV

No.
Kegiatan
Karakter
Waktu
1.









2.













3
Pendahuluan
§  Guru mengucapkan salam.
§  Guru memimpin siswa berdoa.
§  Guru mengambil absen siswa.
§  Apersepsi pelajaran semester 1 atau pengamatan di lingkungan siswa sendiri.
§  Mengawali pelajaran dengan bertanya kepada siswa tentang gerakan rotasi dan revolusi bumi.
§  Guru memberi pertanyaan untuk memotivasi siswa: Bagaimana gerakan bulan ?
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
§  Guru memperkenalkan SK dan KD yang akan dipelajari.

Elaborasi
§  Guru mengemukakan konsep gerakan bulan.
§  Guru dan siswa bertanya jawab tentang fase bulan.
§  Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengaruh bulan terhadap bumi.
Komfirmasi
§  Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan..
§  Guru meberi penekanan tentang konsep-konsep penting.

Penutup
§  Mengevaluasi siswa dengan memberikan pertanyaan sesuai dengan indikator yang ingin dicapai.

 Religius
Religius
Disiplin




Rasa ingin tahu


Rasa ingin tahu

Komunikatif
Gemar membaca


komunikatif




10 menit









60 menit













10 menit

Penilaian Hasil Belajar

1.      Jenis Penilaian      : test, non test
2.      Teknik Penilaian   : tertulis
3.      Bentuk Penilaian   : pilihan ganda, laporan pengamatan
4.      Prosedur Penilaian: diakhir



Soal
No.
Butir soal
Kunci
Skor
1.









2.







3.



4.





5.





6.



7.



8.




9.




10.



11.



12.





13.




14.



15.





16.






17.




18.





19.



20.



21.





22.





23.






24.





25.
Dari pertanyaan dibawah ini yang tidak membuktikan bahwa bumi itu bulat adalah . . . .
a.    Kapal yang meninggalkan pelabuhan mengikuti lengkung bumi
b.    Kapal yang berlayar kesatu arah, akan kembali ketempat semula
c.    Potret bumi terhadap matahari
d.    Bentuk orbit bumi terhadap matahari


Bumi tidak persis seperti bola, tetapi agak pepet dikedua tutupnya, ini dissebabkan oleh . . . .
a.    Khatulistiwa berayun kearah luar akibat rotasi bumi
b.    Bumi berevolusi terhadap matahari
c.    Bulan berevolusi terhadap bumi
d.    Orbit bumi berbentuk lingkaran


Berapakah lama waktu untuk 1 kali rotasi bumi  . . . .
a.       24 jam                              c.   354 hari
b.      365 hari                           d.   29 hari

Matahari bergerak dari timur kebarat disebut . . . .
a.    Peredaran semu harian matahari
b.    Perbedaan waktu
c.    Peredaran semu terluar matahari
d.    Perubahan musim

Manakah yang bukan akibat rotasi bumi . . . .
a.       Peredaran semu harian benda langit
b.      Peredaran musim
c.       Perbedaan waktu
d.      Pembelokan arah angin

Perbedaan tempat 1bujur, terjadi perbedaan waktu . . . .
a.       60 menit                         c.   4 menit
b.      15 menit                         d.  24 jam

WIB dimulai dari bujur . . . .
a.       90 o BT                             c.   120 o BT
b.      135 BT                           d.  105 o BT

Suatu saat di kota Greenwich menunjukan pukul 10.30 pukul berapakah ditempat 45 o BB . . . .
a.       8.30                                 c.   6.00
b.      6.30                                 d.  7.30

Menurut efek Coriolis angin diwilayah utara bumi membelok kearah . . . .
a.       Kanan                              c.   Atas
b.      Kiri                                   d.   Bawah

Bidang orbit bumi disebut . . . .
a.       Elips                                 c.   Poros
b.      Ekliptika                          d.   Gravitasi

Periode revolusi bumi adalah . . . .
a.       24 jam                             c.    29,5 hari
b.      365 ¼ hari                       d.   354 hari

Akibat revolusi bumi, kecuali . . . .
a.       Pergantian musim
b.      Gerak semu tahunan matahari
c.       Perbedaan waktu
d.      Terlihatnya rasi bintang yang berbeda-beda

Pada periode 21 maret-21 juni kawasan utara bumi (subtropis)  mengalami musim . . . .
a.       Semi                                c.    Panas
b.      Gugur                              d.   Dingin

Tahun kabisat pada kalender Yulian adalah . . . .
a.       2008                                c.   2000
b.      2004                                d.   2002

Bulan melakukan 3 gerakan sekaligus, kecuali
a.       Revolusi mengelilingi bumi
b.      Rotasi pada porosnya
c.       Revolusi pada porosnya
d.      Revolusi mengelilingi matahari bersama bumi

Semua tempat di bumi mendapat sinar matahari selama 12 jam,kecuali daerah kutup, pada priode . . . .
a.       21 maret-21 juni
b.      21 juni-23 september
c.       21 juni atau 22 desember
d.      21 maret atau 23 september

Ketika matahari - bulan - bumi berada pada garis lurus, maka fase . . . .
a.       Bulan sabit                     c.   Bulan purnama
b.      Bulan baru                     d.   Bulan awal

Pada posisi manakah kuartil awal . . . .
a.       Bulan antara matahari dan bumi
b.      Bulan berbentuk sabit
c.       Bulan membentuk sudut 90o terhadap bumi
d.      Bulan berbentuk purnama

Periode bulan siderik adalah . . . .
a.       24 jam                             c.   29,5 hari
b.      27 1/3 hari                       d.   354 hari

Jumlah hari dalam 1 tahun kelender hijriah adalah . . . .
a.       29,5 hari                         c.   354 hari
b.      30 hari                            d.   365 hari

Penyebab utama pasang naik dan pasang surut adalah . . . .
a.       Gaya tarik bulan terhadap bumi
b.      Gaya tarik bumi terhadap bulan
c.       Rotasi bumi pada porosnya
d.      Rotasi bulan pada porosnya

Manfaat peristiwa pasang surut diantaranya, kecuali . . . .
a.       Pembuatan garam di tepi pantai
b.      Persawahan pasang surut
c.       Pembangkit listrik tenaga pasang surut
d.      Pembuatan tambak ikan

Jika bulan beroposisi (bulan purnama) dan bulan tepat titik simpulnya, akan terjadi . . . .
a.       Gerhana matahari
b.      Gerhana bulan
c.       Gerhana sebagian
d.      Gerhana cincin

Gerhana matahari terjadi pada saat  . . . .
a.       Bulan baru tepat pada titik simpulnya
b.      Bulan purnama tepat pada titik simpulnya
c.       Bulan sabit tepat pada simpulnya
d.      Bulan benjol tepat pada simpulnya

Ketika umbra bulan menutupi sinar matahari terjadi gerhana matahari . . . .
a.       Total                                c.   Sebagian
b.      Penumbra                      d.   Cincin
D









A







A




A




B





C



D



D




A




B



C



A





C





D


B





C






B




C





C



      C



A





D





B






A





A
4









4







4




4




4





4



4



4




4




4



4



4





4





4


4





4






4




4





4



4



4





4





4






4





4



Jumlah
25
100


Sumber Belajar

 Silbus IPA
 Modul IPA
 Gambar
 Globe
 Buku penunjang yang relevan


   Sragi, Januari 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mapel



IWP. Adi Gunawan,S.Pd                                                                                    Wayan Putra, S.Pd
NIP :