RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Sragi
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester : X (sepuluh) /2 (Dua)
Program : Semua program
keahlian
Standar Kompetensi : 1. Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar
: 1.1 Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam biotik
Indikator
:
ü
Menjelaskan
ciri dan peranan virus, bakteri, protista, dan jamur dalam kehidupan manusia
ü Menyebutkan contoh jenis virus,
bakteri, protista , dan jamur yang menguntungkan manusia beserta manfaatnya
ü Menyebutkan contoh jenis virus,
bakteri, protista, dan jamur yang merugikan manusia beserta kerugian yang
ditimbulkannya
ü
Mengaplikasikan
peranan bakteri dan jamur dalam menghasilkan bahan pangan
Alokasi Waktu
: 10 x 45 menit (5 pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik
dapat:
ü
Mengetahui ciri
virus dan peranannya dalam kehidupan manusia
ü Mengetahui ciri bakteri dan peranannya
dalam kehidupan manusia
ü Mengetahui ciri protista dan peranannya
dalam kehidupan manusia
ü
Mengetahui ciri
jamur dan peranannya dalam kehidupan manusia
B. Materi Pokok Pembelajaran
ü Peranan mikroorganisme (virus, bakteri,
protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia
C. Metode
Pembelajaran
ü
Presentasi
ü Diskusi
ü Observasi
ü Tanya jawab
ü
Penugasan
D. Kegiatan
Pembelajaran
PERTEMUAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Ke-1
Pembuka
(2 x 45’)
|
Pendahuluan
* Guru mengucapkan
salam.
* Guru memimpin siswa
berdoa.
* Guru mengambil absen
siswa.
* Appersepsi
pembelajaran sebelumnya,
* Mengawali pelajaran
dengan memberikan pertanyaan :
1.
Siswa ditanya tentang pengertian mikroorganisme dan
menyebutkan makhluk hidup yang tergolong mikroorganisme.
2.
Siswa ditanya pengetahuan mereka tentang virus dan
bakteri.
|
Inti
|
1. Siswa diajak berdiskusi mengenai ciri
virus dan peranannya dalam kehidupan manusia
2. Siswa diminta menyebutkan contoh
jenis-jenis virus yang menyebabkan penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan
beserta penyakit yang ditimbulkannnya.
3. Siswa diminta menyebutkan contoh
pemanfaatan virus oleh manusia.
4. Siswa diajak berdiskusi mengenai ciri
bakteri dan peranannya dalam kehidupan manusia
5. Siswa diminta menyebutkan contoh
jenis-jenis bakteri yang menyebabkan penyakit pada manusia, hewan, dan
tumbuhan beserta penyakit yang ditimbulkannya.
6. Siswa diminta menyebutkan contoh
jenis-jenis bakteri yang dapat dimanfaatkan oleh manusia beserta
pemanfaatannya.
|
Penutup
|
ü Siswa diminta menyiapkan bahan dan
peralatan untuk pengamatan bentuk bakteri di pertemuan selanjutnya.
|
Ke-2
Pembuka
(2 x 45’)
|
Pendahuluan
* Guru mengucapkan
salam.
* Guru memimpin siswa
berdoa.
* Guru mengambil absen
siswa.
* Appersepsi
pembelajaran sebelumnya,
* Mengawali pelajaran
dengan memberikan pertanyaan :
1.
Siswa ditanya kembali mengenai ciri bakteri.
2.
Siswa diminta menyiapkan bahan dan peralatan untuk
pengamatan bentuk bakteri
|
Inti
|
1.
Siswa mengerjakan pembuatan preparat untuk pengamatan
bentuk bakteri.
2.
Siswa melakukan pengamatan bentuk bakteri menggunakan
mikroskop.
3.
Siswa menggambar dan mengidentifikasi bentuk-bentuk
bakteri yang berhasil mereka amati.
|
Penutup
|
ü Siswa diminta mengumpulkan gambar
bentuk bakteri yang telah mereka buat.
|
Ke-3
Pembuka
(2 x 45’)
|
Pendahuluan
* Guru mengucapkan
salam.
* Guru memimpin siswa
berdoa.
* Guru mengambil absen
siswa.
* Appersepsi
pembelajaran sebelumnya,
* Mengawali pelajaran
dengan memberikan pertanyaan :
ü Siswa ditanya pengetahuan mereka
tentang protista dan jamur
|
Inti
|
1.
Siswa diajak berdiskusi mengenai ciri protista dan
peranannya dalam kehidupan manusia
2.
Siswa diminta menyebutkan contoh jenis-jenis protista
yang menyebabkan penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan beserta penyakit
yang ditimbulkannya.
3.
Siswa diminta menyebutkan contoh jenis-jenis protista
yang dapat dimanfaatkan oleh manusia beserta pemanfaatannya.
4.
Siswa diajak berdiskusi mengenai ciri jamur dan
peranannya dalam kehidupan
5.
Siswa diminta menyebutkan contoh jenis-jenis jamur yang
menyebabkan penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan beserta penyakit yang
ditimbulkannya.
6.
Siswa diminta menyebutkan contoh jenis-jenis jamur yang
dapat dimanfaatkan oleh manusia beserta pemanfaatannya.
|
Penutup
|
ü Siswa diminta menyiapkan bahan dan
peralatan untuk pengamatan bentuk protozoa dan algae di pertemuan
selanjutnya.
|
Ke-4
Pembuka
(2 x 45’)
|
Pendahuluan
* Guru mengucapkan
salam.
* Guru memimpin siswa
berdoa.
* Guru mengambil absen
siswa.
* Appersepsi
pembelajaran sebelumnya,
* Mengawali pelajaran
dengan memberikan pertanyaan :
1.
Siswa ditanya
kembali mengenai ciri protozoa dan algae.
2.
Siswa diminta menyiapkan bahan dan peralatan untuk
pengamatan bentuk protozoa dan
|
Inti
|
1.
Siswa mengerjakan pembuatan preparat untuk pengamatan
bentuk protozoa dan algae.
2.
Siswa melakukan pengamatan bentuk protozoa dan algae
menggunakan mikroskop.
3.
Siswa
menggambar dan mengidentifikasi bentuk-bentuk protozoa dan algae yang
berhasil mereka amati.
|
Penutup
|
1.
Siswa diminta mengumpulkan gambar bentuk protozoa dan
algae yang telah mereka buat.
2.
Siswa diminta menyiapkan bahan dan peralatan untuk
praktikum membuat nata de coco, yoghurt, dan tape ketan pada pertemuan
selanjutnya.
|
Ke-5
Pembuka
(2 x 45’)
|
Pendahuluan
* Guru mengucapkan
salam.
* Guru memimpin siswa
berdoa.
* Guru mengambil absen
siswa.
* Appersepsi
pembelajaran sebelumnya,
* Mengawali pelajaran
dengan memberikan pertanyaan :
1.
Siswa ditanya
kembali mengenai ciri dan peranan virus, bakteri, protista, dan jamur.
2.
Siswa diminta
menyiapkan bahan dan peralatan untuk praktikum membuat nata de coco, yoghurt, dan tape ketan
|
Inti
|
ü Siswa melakukan praktikum membuat nata de coco, yoghurt, dan tape
ketan.
|
Penutup
|
ü Siswa diminta melanjutkan proses pembuatan nata de coco, yoghurt, dan tape ketan
di rumah pada hari-hari berikutnya, sesuai urutan cara kerja.
|
E. Sumber Belajar
- Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK dan MAK kelas X
- Lingkungan
sekitar
- Sumber
informasi lain: koran, majalah, website internet, dll
F. Penilaian
· Teknik Penilaian
ü Tes tertulis
ü Observasi kinerja
ü Produk
· Bentuk Instrumen
ü Tes uraian
ü Kegiatan praktikum
ü Uji petik kerja produk
· Contoh Penilaian
ü Tes uraian: Sebutkan tiga contoh
bakteri yang menimbulkan penyakit pada manusia.
ü Kegiatan praktikum: Buatlah preparat untuk
mengamati bentuk bakteri.
ü Uji petik kerja produk: Buatlah gambar
bentuk bakteri.
Sragi, Januari 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mapel
IWP. Adi
Gunawan,S.Pd
Wayan Putra, S.Pd
NIP :