a
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
sekolah : SMK Negeri
1 Sragi
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/semester : X/ 1
Program :
Semua Bidang Keahlian
Standar Kompetensi : 2. Memahami proses kebangkitan nasional
Kompetensi Dasar : 2.1. Menjelaskan proses
perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat, serta pengaruh yang
ditimbulkannya di berbagai daerah.
Indikator :
1.
Menjelaskan
pengertian kolonialisme dan imperialisme barat
2.
Mendeskripsikan
latar belakang kedatangan bangsa barat di Indonesia
3.
Mendeskripsikan
proses masuknya pengaruh barat di Indonesia
4.
Menjelaskan
pengaruh kolonialisme dan imperialisme barat di Indonesia
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit ( 2 x Pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.
menjelaskan pengertian kolonialisme dan imperialisme
barat.
2.
mendeskripsikan latar belakang kedatangan bangsa barat ke
Indonesia
3.
menjelaskan pengaruh kolonialisme dan imperialisme barat
di Indonesia
4.
menjelaskan perlawanan bangsa Indonesia menghadapi
kekuasaan asing
B. Materi
Pembelajaran
1.
Kolonialisme dan
imperialisme barat
2.
Pengaruh
kolonialisme dan imperialisme barat di Indonesia
3.
Bentuk perlawanan
terhadap pengaruh asing di Indonesia
C. Metode
Pembelajaran
- informasi
- kerja mandiri
- inquiry
- diskusi
D.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan
I
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang
Dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk
proses pembelajaran seperti ruang kelas, presensi, dan menjelaskan secara
singkat tentang kedatangan bangsa barat ke Indonesia.
b. Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan
belajar tentang kolonialisme dan imperialisme barat di indonesia. Misalnya,
dengan mempelajari materi ini, kita dapat lebih menghargai jasa para pahlawan
dan tidak jatuh lagi pada pengaruh bangsa asing.
|
10 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Siswa memperhatikan
guru menampilkan peta konsep proses kolonialisme dan imperialisme barat di
indonesia.
b. Siswa mendengarkan
penjelasan tentang latar belakang dan proses kedatangan bangsa barat ke
Indonesia.
c. Siswa mengerjakan
latihan dalam buku halaman 42 dan 49.
d. Siswa mengumpulkan
tugas pribadi untuk dinilai.
e. Siswa mendiskusikan Video
yang di berikan oleh guru.
f. Siswa membacakan hasil
diskusinya di depan kelas. Siswa yang lain boleh menanggapi hasil diskusinya.
Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.
g. Siswa dan guru membuat
kesimpulkan singkat tentang diskusi kelompok.
|
60 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat
rangkuman bersama tentang latar belakang dan proses kedatangan bangsa barat
ke Indonesia.
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian
terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi.
c.
Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa
untuk membuat karangan tentang Indonesia pada masa tanam paksa.
|
10 Menit
|
|
2.
Pertemuan II
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang
Dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk
proses pembelajaran seperti ruang kelas, presensi. Kemudian guru mengulang
kembali secara ringkas materi pertemuan sebelumnya.
b. Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan
mempelajari pengaruh dan bentuk perlawanan bangsa Indonesia terhadap kekuatan
asing di Indonesia.
|
10 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru tentang pengaruh kolonialisme dan imperialisme barat
terhadap bangsa Indonesia. Siswa membuat catatan ringkas dari penjelasan
guru.
b. Siswa mengerjakan
sendiri latihan evaluasi hasil pembelajaran
c.
Siswa dibagi atas 10 kelompok mendiskusikan
masing-masing satu sejarah perlawanan bangsa Indonesia
d. Wakil siswa membacakan
hasil diskusinya di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara
klasikal.
e.
Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
|
60 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang
pengaruh kolonialisme dan berbagai perlawanan rakyat terhadap kekuasaan asing
di Indonesia. Siswa mencatat beberapa hal yang penting.
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja
siswa secara individu, dan hasil diskusi siswa.
c.
Penugasan
Guru memberi tugas menulis membuat tulisan
berdasarkan data kepribadian siswa.
|
10 Menit
|
|
E. Sumber pembelajaran:
1. Buku IPS SMK/MAK
2. Masalah-masalah sosial
3. Internet
4. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku
tambahan.
F. Media
1.
Papan tulis
2.
Lembar soal
3.
Transparan Konsep
4.
Power Point
G.Penilaian
1.
Mengerjakan
latihan pada buku
2.
Test pilihan
ganda dan uraian
3.
Membuat karangan
singkat menanggapi contoh kasus yang di beriakan oleh guru
4.
Penilaian hasil
diskusi
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan mengemukakan pendapat
|
Kerja sama
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai
maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa
yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah
skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30
= Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4
6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT
PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rentang skor :
1—3
1.
Aktivitas dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
2.
Tanggung jawab
individu 9—11 = Baik
3.
Pemikiran 6—8 = Cukup
4.
Keberanian
berpendapat 3—5 = Kurang
5.
Keberanian tampil
Mengetahui Sragi,
Juli 2015
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
IWP
Adi Gunawan, S.Pd Wayan
Putra, S.Pd.
NIP. 19690523 200003 1 004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
sekolah : SMK Negeri
1 Sragi
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/semester : X/ 1
Program :
Semua Bidang Keahlian
Standar Kompetensi : 2. Memahami proses kebangkitan nasional
Kompetensi Dasar : 2.2. Menguraikan proses
terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan
pergerakan kebangsaan Indonesia.
Indikator :
1.
Mengidentifikasi
paham-paham yang mendasari munculnya pergerakan nasional
2.
Mendiskripsikan
perkembangan beberapa gerakan kebangsaan di Asia Tenggara
3.
Menjelaskan
terbentuknya kesadaran nasionalisme di Indonesia
4.
Mendiskripsikan
perkembangan pergerakan kebangsaan di Indonesia
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit ( 2 x Pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. menghubungkan faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme, pan-islamisme,
dan demokrasi dengan munculnya kesadaran kebangsaan Indonesia
2. mendiskripsikan perkembangan beberapa gerakan
kebangsaan di Asia Tenggara
3. menjelaskan terbentuknya kesadaran nasionalisme di
Indonesia
4. mendiskripsikan perkembangan pergerakan kebangsaan di
Indonesia
B. Materi
Pembelajaran
1.
Paham liberalisme, sosialisme,
nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi
2.
Gerakan kebangsaan
di Asia Tenggara
3.
Pergerakan
kebangsaan di Indonesia
C. Metode
Pembelajaran
1. informasi
2. kerja mandiri
3. inquiry
4. diskusi
D.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan I
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang
Dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk
proses pembelajaran seperti ruang kelas, presensi, dan menjelaskan secara
singkat hubungan antara materi sebelumnya dengan materi kesadaran kebangsaan
di Indonesia.
b. Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan
belajar tentang kesadaran kebangsaan di Indonesia. Misalnya, dengan
mempelajari materi ini, kita dapat lebih meyakini pentingnya persatuan dan
kesatuan.
|
10 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa memperhatikan guru menampilkan peta konsep proses
kesadaran berbangsa di Indonesia.
b.
Siswa mendengarkan penjelasan singkat tentang
faham-faham yang mempengaruhi pergerakan kebangsaan di Asia Tenggara.
c.
Siswa mencari artikel di
perpustakaan dan internet mengenai faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme,
pan-islamisme, dan demokrasi serta kesadaran berbangsa di Asia.
d.
Siswa mengerjakan latihan
e.
Siswa mengumpulkan tugas pribadi untuk dinilai.
f.
Siswa mendiskusikan akivitas contoh kasus yang di
berikan oleh guru.
g.
Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa
yang lain boleh menanggapi hasil diskusinya. Guru bertindak sebagai pemandu
diskusi kelas.
h.
Siswa dan guru membuat kesimpulkan singkat tentang
diskusi kelompok.
|
60 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
d.
Refleksi
Siswa dan guru membuat
rangkuman bersama tentang kesadaran berbangsa di Asia Tenggara.
e.
Penilaian
Guru memberi penilaian
terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi.
f.
Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa
untuk menganalisis kelebihan dan kelemahan berbagai faham di dunia.
|
10 Menit
|
|
2. Pertemuan II
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang
Dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk
proses pembelajaran seperti ruang kelas, presensi. Kemudian guru mengulang
kembali secara ringkas materi pertemuan sebelumnya.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan
mempelajari perkembangan kesadaran berbangsa di Indonesia.
|
10 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang
bagaimana proses terbentuknya kesadaran nasionalisme di Indonesia. Siswa
membuat catatan ringkas dari penjelasan guru.
b.
Siswa mengerjakan sendiri latihan
c.
Siswa dibagi atas beberapa kelompok mendiskusikan
paling kurang dua organisasi pergerakan kebangsaan Indonesia.
d.
Wakil siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas.
Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal.
e.
Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
|
60 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman
bersama tentang pergerakan kebangsaan di Indonesia. Siswa mencatat beberapa
hal yang penting.
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja
siswa secara individu, dan hasil diskusi siswa.
c.
Penugasan
Guru memberi tugas menulis membuat tulisan
berdasarkan data kepribadian siswa.
|
10 Menit
|
|
C. Sumber pembelajaran:
1. Buku IPS SMK/MAK
2. Masalah-masalah sosial
3. Internet
4. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku
tambahan.
D. Media
1.Papan tulis
2. Lembar soal
3. Transparan Konsep
4. Power
Point
E. Penilaian
1. Mengerjakan latihan pada buku
2. Test pilihan ganda dan uraian.
3. Penilaian hasil diskusi
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan mengemukakan pendapat
|
Kerja sama
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai
maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan
menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran
berbicara.
Penskoran: Jumlah
skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30
= Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4
6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT
PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rentang skor :
1—3
- Aktivitas dalam
kelompok 2—15 =
Sangat baik
- Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
- Pemikiran 6—8 = Cukup
- Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
- Keberanian tampil
Mengetahui Sragi,
Juli 2015
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
IWP
Adi Gunawan, S.Pd Wayan
Putra, S.Pd.
NIP. 19690523 200003 1 004