Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Kelas : X
Semester :
2
Program
Keahlian : Semua
Program Keahlian
Mata Pelajaran
: IPA
Waktu
:10 x 40’ (5x pertemuan
)
Standar Kompetensi
Memahami gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam abiotik.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan 3 peristiwa yang membuktikan
bahwa bumi bulat.
2. Menjelaskan bentuk bumi tidak bulat
seperti bola.
3. Menjelaskan periode rotasi bumi.
4. Menjelaskan akibat rotasi bumi.
5. Menjelaskan pengertian eliptika.
6. Menjelaskan periode revolusi bumi.
7. Menjelaskan akibat revolusi bumi.
8. Menjelaskan 3 gerak bulan.
9. Menjelaskan perubahan bentuk bulan.
10. Menjelaskan peristiwa pasang naik dan
pasang surut.
11. Menjelaskan peristiwa gerhana bulan dan
gerhana matahari.
Tujuan Pembelajaran
v
Pertemuan 1
1. Siswa dapat menjelaskan 3 peristiwa yang
membuktikan bahwa bumi bulat melalui tanya jawab dengan
benar.
2. Siswa dapat menjelaskan bentuk bumi
tidak persis seperti bola melalui ceramah interktif dan tanya jawab dengan
benar.
3. Siswa dapat menjelaskan peristiwa rotasi
bumi melalui tanya jawab dengan benar.
v
Pertemuan II
1. Siswa dapat menjelaskan 4 akibat dari
rotasi bumi melalui tanya jawan dengan benar.
2. Siswa dapat menyebutkan periode
peredaran benda-benda langit (matahari, bintang dan bulan) melalui tugas baca
dengan benar.
3. Siswa dapat menjelaskan pembagian
waktu secara internasioanal melalui tanya dengan benar.
4. Siswa dapat menjelaskan 3 daerah waktu
di Indonesia melalui tanya jawab dengan benar.
5. Siswa dapat menentukan waktu pada daerah
tertentu melalui ceramah interaktif dengan benar.
6. Siswa dapat menjelaskan pembelokan arah
angin akibat rotasi bumi melalui pengamatan gambar dengan benar
7. Siswa dapat menjelaskan arah pembelokan
arus laut akibat rotasi bumi melalui Tanya jawab dengan benar
v
Pertemuan III
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian
ekliptika melalui tanya jawab dengan benar.
2. Siswa dapat menjelaskan 4 akibat dari
rotasi bumi melalui tanya jawabdengan benar.
3. Siswa dapat menjelaskan gerak semu
tahunan matahari melalui pengamatan diagram dengan tepat.
4. Siswa dapat menjelaskan saat semua
tempat di bumi mendapat sinar matahari selama 12 jam melalui pengamatan diagram
dengan tepat.
5. Siswa dapat menjelaskan 4 macam
pergantian musim di belahan bumi utara atau selatan melalui melalui tanya jawab
dan pengamatan gambar dengan benar.
6. Siswa dapat menjelaskan ketidakcocokan
kalender Julian dengan kalender matahari melalui ceramah interaktif dengan
benar.
v
Pertemuan IV
1. Siswa dapat menjelaskan 3 gerak bulan
melalui tanya jawab denganbenar.
2. Siswa dapat menjelaskan 5 fase bulan
(perubahan bentuk bulan) melalui pengamatan gambar dengan benar.
3. Siswa dapat menjelaskan peristiwa pasang
naik dan pasang surut melalui tanya jawab dengan benar.
4. Siswa dapat menjelaskan peristiwa
gerhana bulan dan gerhana matahari melalui pengamatan gambar dengan benar.
Materi Ajar
Ø
Pertemuan I.
Konsep :
ü
Bukti bahwa bentuk bumi bulat
1. Kapal yang meninggalkan pelabuhan
mengikuti lengkung bumi, mula-mula badan kapal menghilang & akhirnya
tiang-tiangnya.
2. Kapal yang berlayar terus ke satu arah
tertentu akan kembali ke tempat semula. Pelayaran ini pertama kali dilakukan
oleh Magelhan Tahun 1522.
3. Bukti yang tak terbantahkan adalah
potret bumi dari pesawat Apollo 17 bulan Desember 1972.
Fakta :
o Bentuk bumi tidak bulat seperti bola,
tetapi agak pepat di kedua kutubnya dan menggembung di sekitar khatulistiwa.
o Bumi berputar dengan posisi miring
sekitar 230.
o Bumi berotasi dari barat ke timur
(negative=berlawanan dengan arah jarum jam)…
o Kelajuan rotasi bumi 1667 km/jam.
Ø
Pertemuan II.
Akibat rotasi bumi :
Konsep :
o Peredaran semu harian benda-benda
langit.
Peredaran semu benda-benda langit
berbeda akibat rotasi bumi.
o Pergantian siang dan malam.
Karena periode peredaran semu harian matahari 24 jam, maka panjang siang
atau malam rata-rata 12 jam. Panjang periode siang & malam di khatulistiwa
hampir sama sepanjang tahun yaitu siang 12 jam & malam 12
jam. Perbedaan panjang siang dan malam akibat perbedaan posisi di bumi.
Semakin jauh dari khatulistiwa semakin besar perbedaan siang&malam.
o Perbedaan waktu.
Perbedaan waktu tergantung pada perbedaan garis bujur. Ketika bumi berotasi
satu kali, semua tempat di bumi telah berputar menempuh 3600 garis
bujur. Satu kali rotasi adalah 24 jam atau 1440 menit. Jadi 3600 ditempuh
dalam waktu 1440 menit maka waktu yang diperlukan untuk 10 adalah
4 menit. Jadi tempat yang berbeda 10bujur akan berbeda waktu 4
menit.
o Pembelokan arah angin.
Aliran angin membelok ke kanan pada belahan bumi utara, dan membelok ke
kiri pada belahan bumi selatan disebut efek coriolis.
o Pembelokan arus laut.
Arah pembelokan angin sama dengan
pembelokan arus laut.
o Perbedaan percepatan gravitasi di
permukaan bumi.
Fakta :
o Benda-benda langit beredar dari timur ke
barat.
o Peredaran semu harian matahari : 24 jam,
bintang 23 jam 56 menit, bulan 24 jam 50 menit.
o Di khatulistiwa lama siang dan
malam hamper sama yaitu siang 12 jam dan malam 12 jam.
o Semakin jauh dari khatulistiwa semakin
besar perbedaan siang dengan malam.
o Bumi berotasi dari barat ke timur
sehingga orang di Indonesia bagian timur lebih duluan melihat matahari dari orang
di Indonesia bagian barat.
o Rotasi bumi menyebabkan pembelokan arah
angin.
o Udara bergerak dari daerah bertekanan
tinggi ke daerah bertekanan rendah.
o Aliran angin membelok ke kanan pada
belahan bumi utara, dan membelok ke kiri pada belahan bumi selatan.
o Arus laut membelok searah jarum jam di
laut-laut belahan bumi utara dan berlawanan arah jarum di laut-laut belahan
bumi selatan.
o Percepatan gravitasi di kutub besar dari
pada disekitar khatulistiwa.
Ø
Pertemuan III
Konsep :
Akibat revolusi bumi
o Gerak semu tahunan matahari.
o Pergantian musim.
o Perbedaan lamanya siang dan malam.
o Terlihatnya rasi bintang yang
berbeda-beda.
o Tarikh matahari.
Fakta :
ü
Periode revolusi bumi adalah 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik
ü
Matahari melakukan pergerakan semu tahunan ke utara dan ke selatan
khatulistiwa.
ü
Di daerah beriklim subtropis mengalami 4 musim yaitu musim semi, musim
panas,musim gugur dan musim dingin.
ü
Pada musim panas dan musim semi waktu siang lebih lama, pada waktu
musim gugur dan musim dingin waktu malam lebih lama.
ü
Indonesia mengalami dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan.
ü
Antara bulan Oktober – Maret Indonesia mengalami musim kemarau, sedangkan
antara bulan April – September Indonesia mengalami musim hujan.
ü
Dari bulan ke bulan rasi bintang yang terlihat berbeda- beda.
ü
Selain melakukan gerak revolusi bumi juga melakukan gerak presisi yang
arahnya positif.
Ø
Pertemuan IV
Konsep
ü
Bulan
Fase bulan
ü
Perubahan bentuk semu bulan berlangsung selama satu bulan sinodik adalah
29,5 hari.
v Pada kedudukan 1 (bulan baru)
Bulan ,matahari dan bumi terletak pada satu garis lurus.
v Kedudukan 2 (bulan sabit)
Separoh bagian bulan yang menghadap ke
bumi hanya ⅓ yang terkena sinar matahari.
v Kedudukan 3 (Perbani awal)
Separoh bagian bulan yang menghadap bumi
hanya
yang terkena sinar matahari.
v Kedudukan 4 (bulan benjol)
Separoh bagian bulan yang menghadap ke
bumi ⅔ yang terkena sinar matahari.
v Kedudukan 5 (bulan purnama)
Matahari, bumi dan bulan kembali terletak pada satu garis lurus dan bumi
berada antara matahari dan bulan.
o Pasang naik dan pasang surut disebabkan
adanya gaya tarik bulan terhadap bumi.
o Gerhana bulan dan gerhana matahari.
o Gerhana bulan dan gerhana matahari
disebabkan oleh bayangan bumi atau bulan yang menutupi sinar
matahari.
Fakta :
o Bulan sebagai satelit alami bumi
melakukan 3 gerakan sekaligus, yaitu:
1.
Revolusi, yaitu gerak bulan mengelilingi bumi.
2.
Rotasi, gerak bulan pada porosnya.
3.
Bersama-sama dengan bumi mengelilingi matahari.
o Permukaan bulan yang menghadap ke bumi
selalu sama.
Metode Pembelajaran
o
Ceramah interaktif
o
Tanya jawab
o
Diskusi kelompok
Kegiatan Pembelajaran
Langkah – langkah kegiatan
Pertemuan 1
No.
|
Kegiatan
|
Karakter
|
Waktu
|
1.
2.
3
|
Pendahuluan
a. Prasyarat
§ Guru mengucapkan salam
§ Guru memimpin siswa berdoa
§ Guru mengambil absen siswa
§ Apersepsi pelajaran semester 1 atau
pengamatan di lingkungan siswa sendiri.
§ Mengawali pelajaran dengan bertanya
kepada siswa tentang bentuk bumi dan bentuk lapisan kulit bumi.
b. Motivasi
§ Apakah bentuk permukaan bumi itu bulat
persis seperti bola?
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
§ Guru memperkenalkan SK dan KD yang
akan dipelajari.
§ Guru memperlihatkan globe
Elaborasi
§ Guru mengemukakan konsep tentang
bentuk bumi.
§ Guru dan siswa bertanya jawab tentang
peristiwa yang membuktikan bumi bulat.
§ Guru dan siswa bertanya jawab tentang
bentuk bumi yang bulat seperti jeruk.
§ Siswa menjawab beberapa pertanyakan
yang disediakan oleh guru tentang rotasi bumi.
Komfirmasi
§ Siswa membuat kesimpulan dari hasil
diskusi.
§ Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
Penutup
§ Mengevaluasi siswa dengan memberikan
pertanyaan sesuai dengan indikator yang ingin dicapai.
§ Member tugas pada siswa untuk membaca
materi tentang akibat rotasi bumi.
|
Religius
Religius
Disiplin
Rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Komunikatif
Mandiri
|
10
60
10
|
Pertemuan II
No.
|
Kegiatan
|
Karakter
|
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
§ Guru mengucapkan salam.
§ Guru memimpin siswa berdoa.
§ Guru mengambil absen siswa.
§ Guru memberikan pertanyaan tentang
materi pada.
Pertemuan 1
§ Sebagai motivasi guru menanyakan
akibat dari rotasi bumi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
§ Guru menginformasikan konsep tentang
akibat dari rotasi bumi.
Elaborasi
§ Siswa dibagi atas 4 kelompok, masing-masing
kelompok bekerja untuk mendiskusikan akibat rotasi bumi.
§ Dalam kelompok siswa mengisi
pertanyaan yang disediakan guru.
§ Guru meminta siswa untuk mendiskusikan
jawaban pertanyaan ke papan tulis oleh masing-masing kelompok.
Komfirmasi
§ Guru dan siswa mendiskusikan jawaban
untuk membuat kesimpulan.
§ Guru meminta siswa untuk mencatat
kesimpulan.
§ Guru memastikan bahwa seluruh siswa
telah mengetahui jawaban yang benar.
§ Guru memberikan penekanan tentang
konsep-konsep penting.
Penutup
§ Guru memberikan penghargaan pada
kelompok yang kerjanya baik.
§ Guru memberikan pertanyaan sesuai
indikator yang ingin dicapai sebagai test formatif.
|
Religius
Religius
Disiplin
Rasa ingin tahu
Toleransi
Kerjasama
Demokratis
|
10
60
10
|
Pertemuan III
No.
|
Kegiatan
|
Karakter
|
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
§ Guru mengucapkan salam.
§ Guru memimpin siswa berdoa.
§ Guru mengambil absen siswa.
§ Guru menanyakan pelajaran minggu lalu
yaitu tentang rotasi bumi.
§ Sebagai motivasi guru menanyakan
gerakan lain yang dilakukan bumi selain rotasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
§ Guru memberikan informasi tentang
revolusi bumi dan akibat revolusi bumi.
§ Dalam kelompok diskusi siswa
berdiskusi tentang akibat dari revolusi bumi.
§ Siswa mencatat hasil diskusi kelompok.
§ Siswa membacakan hasil diskusi
kelompok di depan kelas.
Komfirmasi
§ Siswa dan guru membuat kesimpulan
hasil diskusi kelas.
§ Guru memberikan penekanan tentang
konsep-konsep penting.
Penutup
§ Guru mengevaluasi siswa dengan
memberikan pertanyaan sesuai indikator (test formatif secara lisan).
§ Guru memberikan tugas baca kepada
siswa tentang bulan, pasang naik dan pasang surut serta peristiwa
gerhana.
|
Religius
Religius
Disiplin
Rasa ingin tahu
Demokratis
Gemar membaca
Komunikatif
Kerja keras
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
Pertemuan IV
No.
|
Kegiatan
|
Karakter
|
Waktu
|
1.
2.
3
|
Pendahuluan
§ Guru mengucapkan salam.
§ Guru memimpin siswa berdoa.
§ Guru mengambil absen siswa.
§ Apersepsi pelajaran semester 1 atau
pengamatan di lingkungan siswa sendiri.
§ Mengawali pelajaran dengan bertanya
kepada siswa tentang gerakan rotasi dan revolusi bumi.
§ Guru memberi pertanyaan untuk
memotivasi siswa: Bagaimana gerakan bulan ?
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
§ Guru memperkenalkan SK dan KD yang
akan dipelajari.
Elaborasi
§ Guru mengemukakan konsep gerakan
bulan.
§ Guru dan siswa bertanya jawab tentang
fase bulan.
§ Guru dan siswa bertanya jawab tentang
pengaruh bulan terhadap bumi.
Komfirmasi
§ Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan..
§ Guru meberi penekanan tentang
konsep-konsep penting.
Penutup
§ Mengevaluasi siswa dengan memberikan
pertanyaan sesuai dengan indikator yang ingin dicapai.
|
Religius
Religius
Disiplin
Rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Gemar membaca
komunikatif
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
Penilaian Hasil Belajar
1.
Jenis Penilaian : test, non test
2. Teknik Penilaian : tertulis
3. Bentuk Penilaian : pilihan
ganda, laporan pengamatan
4.
Prosedur Penilaian: diakhir
Soal
No.
|
Butir soal
|
Kunci
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
25.
|
Dari pertanyaan dibawah ini yang tidak membuktikan bahwa bumi itu bulat
adalah . . . .
a.
Kapal yang meninggalkan pelabuhan mengikuti lengkung bumi
b.
Kapal yang berlayar kesatu arah, akan kembali ketempat semula
c.
Potret bumi terhadap matahari
d.
Bentuk orbit bumi terhadap matahari
Bumi tidak persis seperti bola, tetapi agak pepet dikedua tutupnya, ini
dissebabkan oleh . . . .
a.
Khatulistiwa berayun kearah luar akibat rotasi bumi
b.
Bumi berevolusi terhadap matahari
c.
Bulan berevolusi terhadap bumi
d.
Orbit bumi berbentuk lingkaran
Berapakah lama waktu untuk 1 kali rotasi bumi . . . .
a. 24
jam
c. 354 hari
b. 365
hari
d. 29 hari
Matahari bergerak dari timur kebarat disebut . . . .
a.
Peredaran semu harian matahari
b.
Perbedaan waktu
c.
Peredaran semu terluar matahari
d.
Perubahan musim
Manakah yang bukan akibat rotasi bumi . . . .
a. Peredaran semu harian benda
langit
b. Peredaran musim
c. Perbedaan waktu
d. Pembelokan arah angin
Perbedaan tempat 1o bujur, terjadi perbedaan waktu . . .
.
a. 60
menit
c. 4 menit
b. 15
menit
d. 24 jam
WIB dimulai dari bujur . . . .
a. 90 o BT
c. 120 o BT
b. 135 o BT
d. 105 o BT
Suatu saat di kota Greenwich menunjukan pukul 10.30 pukul berapakah
ditempat 45 o BB . . . .
a. 8.30
c. 6.00
b. 6.30
d. 7.30
Menurut efek Coriolis angin diwilayah utara bumi membelok kearah . . . .
a. Kanan
c. Atas
b. Kiri
d. Bawah
Bidang orbit bumi disebut . . . .
a. Elips
c. Poros
b. Ekliptika
d. Gravitasi
Periode revolusi bumi adalah . . . .
a. 24
jam
c. 29,5 hari
b. 365 ¼
hari
d. 354 hari
Akibat revolusi bumi, kecuali . . . .
a. Pergantian musim
b. Gerak semu tahunan matahari
c. Perbedaan waktu
d. Terlihatnya rasi bintang yang
berbeda-beda
Pada periode 21 maret-21 juni kawasan utara bumi (subtropis) mengalami
musim . . . .
a. Semi
c. Panas
b. Gugur
d. Dingin
Tahun kabisat pada kalender Yulian adalah . . . .
a. 2008
c. 2000
b. 2004
d. 2002
Bulan melakukan 3 gerakan sekaligus, kecuali
a. Revolusi mengelilingi bumi
b. Rotasi pada porosnya
c. Revolusi pada porosnya
d. Revolusi mengelilingi matahari
bersama bumi
Semua tempat di bumi mendapat sinar matahari selama 12 jam,kecuali daerah
kutup, pada priode . . . .
a. 21 maret-21 juni
b. 21 juni-23 september
c. 21 juni atau 22 desember
d. 21 maret atau 23 september
Ketika matahari - bulan - bumi berada pada garis lurus, maka fase . . . .
a. Bulan
sabit
c. Bulan purnama
b. Bulan
baru
d. Bulan awal
Pada posisi manakah kuartil awal . . . .
a. Bulan antara matahari dan
bumi
b. Bulan berbentuk sabit
c. Bulan membentuk sudut 90o terhadap
bumi
d. Bulan berbentuk purnama
Periode bulan siderik adalah . . . .
a. 24
jam
c. 29,5 hari
b. 27 1/3 hari
d. 354 hari
Jumlah hari dalam 1 tahun kelender hijriah adalah . . . .
a. 29,5
hari
c. 354 hari
b. 30
hari
d. 365 hari
Penyebab utama pasang naik dan pasang surut adalah . . . .
a. Gaya tarik bulan terhadap
bumi
b. Gaya tarik bumi terhadap bulan
c. Rotasi bumi pada porosnya
d. Rotasi bulan pada porosnya
Manfaat peristiwa pasang surut diantaranya, kecuali . . . .
a. Pembuatan garam di tepi
pantai
b. Persawahan pasang surut
c. Pembangkit listrik tenaga
pasang surut
d. Pembuatan tambak ikan
Jika bulan beroposisi (bulan purnama) dan bulan tepat titik simpulnya,
akan terjadi . . . .
a. Gerhana matahari
b. Gerhana bulan
c. Gerhana sebagian
d. Gerhana cincin
Gerhana matahari terjadi pada saat . . . .
a. Bulan baru tepat pada titik
simpulnya
b. Bulan purnama tepat pada titik
simpulnya
c. Bulan sabit tepat pada
simpulnya
d. Bulan benjol tepat pada simpulnya
Ketika umbra bulan menutupi sinar matahari terjadi gerhana matahari . . .
.
a. Total
c.
Sebagian
b. Penumbra
d. Cincin
|
D
A
A
A
B
C
D
D
A
B
C
A
C
D
B
C
B
C
C
C
A
D
B
A
A
|
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
|
Jumlah
|
25
|
100
|
Sumber Belajar
Silbus IPA
Modul IPA
Gambar
Globe
Buku penunjang yang relevan
Sragi, Januari 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mapel
IWP. Adi Gunawan,S.Pd
Wayan Putra, S.Pd
NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar