RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah              : SMK Negeri 1 Sragi
Mata Pelajaran             : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester            : X (sepuluh) /2 (Dua)
Program                       : Semua program
keahlian
Standar Kompetensi      : 1. Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar       
  : 1.1 Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam biotik
Indikator                       
:
ü 
Menjelaskan
ciri dan peranan virus, bakteri, protista, dan jamur dalam kehidupan manusia
ü  Menyebutkan contoh jenis virus,
bakteri, protista , dan jamur yang menguntungkan manusia beserta manfaatnya
ü  Menyebutkan contoh jenis virus,
bakteri, protista, dan jamur yang merugikan manusia beserta kerugian yang
ditimbulkannya
ü 
Mengaplikasikan
peranan bakteri dan jamur dalam menghasilkan bahan pangan
Alokasi Waktu               
: 10 x 45 menit (5 pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik
dapat:
ü 
Mengetahui ciri
virus dan peranannya dalam kehidupan manusia
ü  Mengetahui ciri bakteri dan peranannya
dalam kehidupan manusia
ü  Mengetahui ciri protista dan peranannya
dalam kehidupan manusia
ü 
Mengetahui ciri
jamur dan peranannya dalam kehidupan manusia
B. Materi Pokok Pembelajaran
ü  Peranan mikroorganisme (virus, bakteri,
protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia
C. Metode
Pembelajaran
ü 
Presentasi
ü  Diskusi
ü  Observasi
ü  Tanya jawab
ü 
Penugasan
D. Kegiatan
Pembelajaran
| 
PERTEMUAN | 
KEGIATAN
  PEMBELAJARAN | 
| 
Ke-1                 
  Pembuka 
(2 x 45’) | 
Pendahuluan 
*        Guru mengucapkan
  salam. 
*        Guru memimpin siswa
  berdoa. 
*        Guru mengambil absen
  siswa. 
*        Appersepsi
  pembelajaran sebelumnya,  
*        Mengawali pelajaran
  dengan memberikan pertanyaan :  
1.    
  Siswa ditanya tentang pengertian mikroorganisme dan
  menyebutkan makhluk hidup yang tergolong mikroorganisme. 
2.    
  Siswa ditanya pengetahuan mereka tentang virus dan
  bakteri. | 
| 
Inti | 
1.      Siswa diajak berdiskusi mengenai ciri
  virus dan peranannya dalam kehidupan manusia 
2.      Siswa diminta menyebutkan contoh
  jenis-jenis virus yang menyebabkan penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan
  beserta penyakit yang ditimbulkannnya. 
3.      Siswa diminta menyebutkan contoh
  pemanfaatan virus oleh manusia. 
4.       Siswa diajak berdiskusi mengenai ciri
  bakteri dan peranannya dalam kehidupan manusia  
5.      Siswa diminta menyebutkan contoh
  jenis-jenis bakteri yang menyebabkan penyakit pada manusia, hewan, dan
  tumbuhan beserta penyakit yang ditimbulkannya. 
6.      Siswa diminta menyebutkan contoh
  jenis-jenis bakteri yang dapat dimanfaatkan oleh manusia beserta
  pemanfaatannya. | 
| 
Penutup | 
ü  Siswa diminta menyiapkan bahan dan
  peralatan untuk pengamatan bentuk bakteri di pertemuan selanjutnya. | 
| 
Ke-2             
              Pembuka 
(2 x 45’) | 
Pendahuluan 
*        Guru mengucapkan
  salam. 
*        Guru memimpin siswa
  berdoa. 
*        Guru mengambil absen
  siswa. 
*        Appersepsi
  pembelajaran sebelumnya,  
*        Mengawali pelajaran
  dengan memberikan pertanyaan :  
1.    
  Siswa ditanya kembali mengenai ciri bakteri. 
2.    
  Siswa diminta menyiapkan bahan dan peralatan untuk
  pengamatan bentuk bakteri  | 
| 
Inti | 
1.    
  Siswa mengerjakan pembuatan preparat untuk pengamatan
  bentuk bakteri. 
2.    
  Siswa melakukan pengamatan bentuk bakteri menggunakan
  mikroskop. 
3.    
  Siswa menggambar dan mengidentifikasi bentuk-bentuk
  bakteri yang berhasil mereka amati. | 
| 
Penutup | 
ü  Siswa diminta mengumpulkan gambar
  bentuk bakteri yang telah mereka buat. | 
| 
Ke-3 
                     Pembuka 
(2 x 45’) | 
Pendahuluan 
*        Guru mengucapkan
  salam. 
*        Guru memimpin siswa
  berdoa. 
*        Guru mengambil absen
  siswa. 
*        Appersepsi
  pembelajaran sebelumnya,  
*        Mengawali pelajaran
  dengan memberikan pertanyaan :  
ü  Siswa ditanya pengetahuan mereka
  tentang protista dan jamur | 
| 
Inti | 
1.    
  Siswa diajak berdiskusi mengenai ciri protista dan
  peranannya dalam kehidupan manusia  
2.    
  Siswa diminta menyebutkan contoh jenis-jenis protista
  yang menyebabkan penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan beserta penyakit
  yang ditimbulkannya. 
3.    
  Siswa diminta menyebutkan contoh jenis-jenis protista
  yang dapat dimanfaatkan oleh manusia beserta pemanfaatannya. 
4.    
  Siswa diajak berdiskusi mengenai ciri jamur dan
  peranannya dalam kehidupan  
5.    
  Siswa diminta menyebutkan contoh jenis-jenis jamur yang
  menyebabkan penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan beserta penyakit yang
  ditimbulkannya. 
6.    
  Siswa diminta menyebutkan contoh jenis-jenis jamur yang
  dapat dimanfaatkan oleh manusia beserta pemanfaatannya. | 
| 
Penutup | 
ü   Siswa diminta menyiapkan bahan dan
  peralatan untuk pengamatan bentuk protozoa dan algae di pertemuan
  selanjutnya. | 
| 
Ke-4                 
  Pembuka 
(2 x 45’) | 
Pendahuluan 
*        Guru mengucapkan
  salam. 
*        Guru memimpin siswa
  berdoa. 
*        Guru mengambil absen
  siswa. 
*        Appersepsi
  pembelajaran sebelumnya,  
*        Mengawali pelajaran
  dengan memberikan pertanyaan :  
1.    
  Siswa ditanya
  kembali mengenai ciri protozoa dan algae. 
2.    
  Siswa diminta menyiapkan bahan dan peralatan untuk
  pengamatan bentuk protozoa dan  | 
| 
Inti | 
1.    
  Siswa mengerjakan pembuatan preparat untuk pengamatan
  bentuk protozoa dan algae. 
2.    
  Siswa melakukan pengamatan bentuk protozoa dan algae
  menggunakan mikroskop. 
3.    
  Siswa
  menggambar dan mengidentifikasi bentuk-bentuk protozoa dan algae yang
  berhasil mereka amati. | 
| 
Penutup | 
1.    
  Siswa diminta mengumpulkan gambar bentuk protozoa dan
  algae yang telah mereka buat. 
2.    
  Siswa diminta menyiapkan bahan dan peralatan untuk
  praktikum membuat nata de coco, yoghurt, dan tape ketan pada pertemuan
  selanjutnya. | 
| 
Ke-5              
                   Pembuka 
(2 x 45’) | 
Pendahuluan 
*        Guru mengucapkan
  salam. 
*        Guru memimpin siswa
  berdoa. 
*        Guru mengambil absen
  siswa. 
*        Appersepsi
  pembelajaran sebelumnya,  
*        Mengawali pelajaran
  dengan memberikan pertanyaan :  
1.    
  Siswa ditanya
  kembali mengenai ciri dan peranan virus, bakteri, protista, dan jamur. 
2.    
  Siswa diminta
  menyiapkan bahan dan peralatan untuk praktikum membuat nata de coco, yoghurt, dan tape ketan
   | 
| 
Inti | 
ü   Siswa melakukan praktikum membuat nata de coco, yoghurt, dan tape
  ketan. | 
| 
Penutup | 
ü  Siswa diminta melanjutkan proses pembuatan nata de coco, yoghurt, dan tape ketan
  di rumah pada hari-hari berikutnya, sesuai urutan cara kerja. | 
E. Sumber Belajar
- Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMK dan MAK kelas X 
- Lingkungan
sekitar
- Sumber
informasi lain: koran, majalah, website internet, dll
F. Penilaian
·       Teknik Penilaian
ü  Tes tertulis
ü  Observasi kinerja
ü  Produk
·       Bentuk Instrumen
ü  Tes uraian
ü  Kegiatan praktikum
ü  Uji petik kerja produk
·       Contoh Penilaian
ü  Tes uraian: Sebutkan tiga contoh
bakteri yang menimbulkan penyakit pada manusia.
ü  Kegiatan praktikum: Buatlah preparat untuk
mengamati bentuk bakteri.
ü  Uji petik kerja produk: Buatlah gambar
bentuk bakteri.
   Sragi, Januari 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                
                     
                     
                     
                Guru Mapel
IWP. Adi
Gunawan,S.Pd 
                     
                     
                     
                Wayan Putra, S.Pd
NIP : 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar