KARTU
SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
1
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi
obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam
biotik
|
Naskah
Soal
1. Salah satu sifat virus adalah, kecuali
a. Dapat hidup dalam sel-sel
mahluk hidup
b. Dapat hidup dalam sel-sel
mahluk mati
c. Berbentuk Batang dan bulat
d. Selalu hidup sebagai parasit
e. Tidak dapat berkembang biak dalam
sel-sel mati
Rambu
rambu jawaban
Ciri – Ciri virus
1. ditemukan
pertama kali oleh Adolf Mayer (Jerman, 1883)
2. bersifat
metaorganisme / makhluk peralihan antara yang hidup dan yang mati
3. bersifat
hidup karena dapat berkembang biak serta terdiri dari asam nukleat ADN atau
ARN
4. bersifat
benda mati katena belum berupa sel dan dapat dikristalkan
5. berukuran
sangat kecil
6. berkembang
biak pada organisme lain
7. selalu
hidup sebagai parasit
8. Bbentuknya
bermacam-macam seperti bulat, batang, dan bentuk T
|
|
INDIKATOR
|
||
Menjelaskan
ciri dan peranan virus, bakteri, protista, dan jamur dalam kehidupan manusia
|
||
MATERI
|
||
Peranan
mikroorganisme (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
B
|
KARTU
SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
2
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi
obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam
biotik
|
Naskah
Soal
2. Virtus HIV merupakan jenis
virus yang sangat membahayakan
manusia. Virus ini menyerang....
a. Sistem peredaran darah dan
pernafasan
b. Sistem pencernaan dan ekskresi
c. Sistem kekebalan tubuh
d. Sistem peredaran darah
e. Sistem transportasi
Rambu
rambu jawaban
Virus imunodifisiensi
manusia (bahasa Inggris: human immunodeficiency virus; HIV) adalah suatu virus yang dapat
menyebabkan penyakit AIDS. Virus ini menyerang manusia dan menyerang
sistem kekebalan (imunitas) tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan
infeksi.
|
|
INDIKATOR
|
||
Menyebutkan
contoh jenis virus, bakteri, protista, dan jamur yang merugikan manusia
beserta kerugian yang ditimbulkannya
|
||
MATERI
|
||
Peranan
mikroorganisme (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
C
|
KARTU
SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
3
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi
obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam
biotik
|
Naskah
Soal
3. Virus yang menyebabkan penyakit
tetelo pada ayam adalah ...
a. Human
immunodeficiency virus (HIV)
b. Newcastle
Disease virus (NDV)
c. Herpes
Simplex Virus (HSV)
d. Rous
Sarcoma Virus (RSV)
e. Virus Tungro
Rambu
rambu jawaban
Virus Penyebab penyakit pada hewan
1. RSV
/Rous Sarcoma Virus (Kelompok Retrovirus)
penyebab Kanker pada ayam
2. Virus
Rab ies (Kelompok Rhabdovirus)
penyebab Rabies pada hewan
3. Virus
coxsackie A-16 (Kelompok Picornavirus)
penyebab Food and Mouth Disease
4. NDV
/ Newcastle Disease Virus (Kelompok Paramyxivirus) penyebab Tetelo pada ayam
|
|
INDIKATOR
|
||
Menyebutkan
contoh jenis virus, bakteri, protista, dan jamur yang merugikan manusia
beserta kerugian yang ditimbulkannya
|
||
MATERI
|
||
Peranan
mikroorganisme (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
B
|
KARTU
SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
4
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi
obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam
biotik
|
Naskah
Soal
4. Berikut adalah ciri bakteri, kecuali...
a. Berkembang biak dengan membelah
diri
b. Ada yang uniseluler dan ada
yang multiseluler
c. Sel tidal bermembran inti
d. Berukuran mikroskopik
e. Ada yang berbentuk bola,
batang, dan spiral
Rambu
rambu jawaban
Ciri-ciri Bakteri :
1. berasal
dari kata bakterion (Yunani) yang berarti tongkat/batang kecil
2. ditemukan
oleh Anthony van Leeuwenhoek
3. mikroorganisme
sati sel/uniseluler
4. prokariotik/
tidak memiliki membaran inti sel
5. ukuran
0,5 – 1 mili mikron
6. sebagian
besar tidak berklorofil, beberapa mampu berfotosintesis
7. bentuknya
bermacam-macam : batang (basil), bulat (coccus), dan spiral (spirila)
8. hidup
di tempat lembab
9.
perkembangbiakannya cepat
|
|
INDIKATOR
|
||
Menjelaskan
ciri dan peranan virus, bakteri, protista, dan jamur dalam kehidupan manusia
|
||
MATERI
|
||
Peranan
mikroorganisme (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
A
|
KARTU
SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
5
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi
obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam
biotik
|
Naskah
Soal
5. Mikroorganisme yang berperan
dalam pembuatan yoghurt adalah...
a. Lactobacillus
bulgaricus
b. Escherichia
coli
c. Acetobacter
xylinum
d. Steptococcus
lactis
e. Acetobacter
sp.
Rambu
rambu jawaban
Peranan positif / menguntungkan ari Bakteri
1.
Bakteri dekomposer menguraikan sisa organisme
2.
Escherichia coli membusukkan makanan di usus
besar
3.
Nitrosococcus dan Nitrosomonas membentuk
nitrit dalam tanah untuk meningkatkan kesuburan tanah
4.
Rhizobium bersimbiosis dengan akar
kacang-kacangan untuk mengikat nitrogen bebas yang meningkatkan kesuburan
5.
Streptomyces aureofacien menghasil antibiotik
aeuromisin
6.
Streptomyces griceus menghasil antibiotik
streptomisin
7.
Methanobacterium penghasil gas metan / biogas
8.
Clostridium acetobutylicum berperan dalam
pembuatan aceton dan butanol
9.
Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus
thermophilus berperan dalam pembuatan yoghurt
10. Lactobacillus
casei berperan dalam pembuatan susu asam dan sebagai prebiotik
11. Acetobacter
xylinum berperan dalam pembuatan nata de coco
12. Sterpococcus
lactis berperan dalam pembuatan mentega
13. Acetobacter
sp berperan dalam pembuatan asam cuka
14. Baktyeri
penghasil vaksin benghasilkan vaksin kolera, vaksin BCG untuk mencegah TBC,
vaksin DPT (diphteria, pertusis, dan tetanus) untuk mencegah penyakit
difteri, batuk rejan, dan tetanus
|
|
INDIKATOR
|
||
Menyebutkan
contoh jenis virus, bakteri, protista , dan jamur yang menguntungkan manusia
beserta manfaatnya
|
||
MATERI
|
||
Peranan
mikroorganisme (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
A
|
KARTU SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
6
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi
obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam
biotik
|
Naskah
Soal
6. Salah satu bakteri yang
digunakan sebagai tolak ukur adanya pencemaran air oleh tinja manusia adalah
bakteri . . . . karena bakteri yang hidup di usus manusia ini akan keluar
bersama tinja . . . .
a. Escherichia
coli
b.
Bacillus anthracis
c.
Mycobacterium tuberculosis
d.
Actynomyces bovis
e.
Vibrio fetus
Rambu
rambu jawaban
Peranan positif / menguntungkan ari Bakteri
1.
Bakteri dekomposer menguraikan sisa organisme
2.
Escherichia coli membusukkan makanan di usus
besar
3.
Nitrosococcus dan Nitrosomonas membentuk
nitrit dalam tanah untuk meningkatkan kesuburan tanah
4.
Rhizobium bersimbiosis dengan akar
kacang-kacangan untuk mengikat nitrogen bebas yang meningkatkan kesuburan
5.
Streptomyces aureofacien menghasil antibiotik
aeuromisin
6.
Streptomyces griceus menghasil antibiotik
streptomisin
7.
Methanobacterium penghasil gas metan / biogas
8.
Clostridium acetobutylicum berperan dalam
pembuatan aceton dan butanol
9.
Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus
thermophilus berperan dalam pembuatan yoghurt
10. Lactobacillus
casei berperan dalam pembuatan susu asam dan sebagai prebiotik
|
|
INDIKATOR
|
||
Menyebutkan
contoh jenis virus, bakteri, protista , dan jamur yang menguntungkan manusia
beserta manfaatnya
|
||
MATERI
|
||
Peranan
mikroorganisme (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
A
|
KARTU
SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
7
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi
obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam
biotik
|
Naskah
Soal
7. Bakteri yang menyebabkan penyakit
disentri...
a.
Vibrio cholerae
b.
Shigella dysentriae
c.
Clostridium tetani
d.
Trypanosoma brucei brucei
e.
Trichonympha campanula
Rambu
rambu jawaban
Bakteri Penyebab penyakit pada menusia
1. Diplococcus
pneumoniae penyebab bronkhitis dan radang paru-paru
2. Neisseria
gonorrhoeae penyebab penyakit
gonorrhoeae/ penyakit kelamin
3. Streptococcus
mutans penyebab penyakit gigi
berlubang
4. Propionibacterium
acnes penyebab jerawat
5. Salmonella
typhi penyebab tifus
6. Mycobacterium
leprae penyebab lepra
7. Clostridium
tetani penyebab tetanus
8. Pasteurella
pestis penyebab pes
9. Shigella
dysentriae penyebab disentri
10. Vibrio
cholerae penyebab kolera
11. Treponema
pallidum penyebab sifilis
|
|
INDIKATOR
|
||
Menyebutkan contoh jenis virus,
bakteri, protista, dan jamur yang merugikan manusia beserta kerugian yang
ditimbulkannya
|
||
MATERI
|
||
Peranan
mikroorganisme (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
B
|
KARTU SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
8
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi
obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam
biotik
|
Naskah
Soal
8. Peranan utama bakteri dalam ekosistem
adalah sebagai . . . .
a. Produsen
b. Parasit
c. Dekomposer
d. Predator
e. Konsumen
Konsumen Rambu rambu
jawaban
Peranan positif / menguntungkan ari Bakteri
1. Bakteri
dekomposer menguraikan sisa organisme
2. Escherichia
coli membusukkan makanan di usus besar
3. Nitrosococcus
dan Nitrosomonas membentuk nitrit dalam tanah untuk meningkatkan kesuburan
tanah
4. Rhizobium
bersimbiosis dengan akar kacang-kacangan untuk mengikat nitrogen bebas yang
meningkatkan kesuburan
5. Streptomyces
aureofacien menghasil antibiotik aeuromisin
6. Streptomyces
griceus menghasil antibiotik streptomisin
7. Methanobacterium
penghasil gas metan / biogas
8. Clostridium
acetobutylicum berperan dalam pembuatan aceton dan butanol
9. Lactobacillus
bulgaricus dan Streptococcus thermophilus berperan dalam pembuatan yoghurt
10. Lactobacillus
casei berperan dalam pembuatan susu asam dan sebagai prebiotik
|
|
INDIKATOR
|
||
Menjelaskan
ciri dan peranan virus, bakteri, protista, dan jamur dalam kehidupan manusia
|
||
MATERI
|
||
Peranan
mikroorganisme (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
C
|
KARTU
SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
9
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi
obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam
biotik
|
Naskah
Soal
9. Diatomae bermanfaat bagi
manusia salah satunya adalah . . . .
a. Bahan pangan
b. Sumber protein sel tunggal
c. Bahan pemoles/penggosok
d. Bahan pembuat kecap
e. Bahan pembuat minyak
Rambu
rambu jawaban
Peranan Protista yang positif / menguntungkan
Nama algae Peranan
1. Diatomae
bahan penggosok metal, campuran semen, pembuat saringan untuk pemrosesan
minyak nabati dan gula
2. Ganggang
merah sumber vitamin A dan C serta untuk membuat agar-agar
3. Chlorella
merupakan sumber protein sel tunggal (PST)
|
|
INDIKATOR
|
||
Menyebutkan
contoh jenis virus, bakteri, protista , dan jamur yang menguntungkan manusia
beserta manfaatnya
|
||
MATERI
|
||
Peranan
mikroorganisme (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
C
|
KARTU SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
10
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi
obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam
biotik
|
Naskah
Soal
10. Jamur berikut bermanfaat dalam
pembuatan makanan, kecuali . . . .
a. Mucor
javanicus
b. Penicillium
roquefortii
c. Aspergillus
wentii
d. Saccharomyces
cerevisiae
e. Rhizopus
oryzae.
Rambu
rambu jawaban
Peranan Jamur yang positif / menguntungkan
1. Rhizopus
orizae berperan dalam pembuatan tempe
2. Mucor
javanicus berperan dalam pembuatan tape
3. Neurospora
crassa berperan dalam pembuatan oncom
4. Aspergillus
wentii berperan dalam pembuatan kecap
5. Saccharomyces
cerevisiae untuk pengembang roti dan untuk membuat minuman beralkohol
6. Penicillium
notatum penghasil antibiotik penisilin
7. Cephalosporium
sp penghasil antibiotik cefalosporin
8. Auricularia
polytrica (jamur kuping), Volvariella vovacea (jamur merang), Lentinula
edodes (jamur shintake), Pleurotus sp (jamur tiram) menjadi bahan pangan
|
|
INDIKATOR
|
||
Menyebutkan
contoh jenis virus, bakteri, protista , dan jamur yang menguntungkan manusia
beserta manfaatnya
|
||
MATERI
|
||
Peranan
mikroorganisme (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
B
|
KARTU SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
11
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi
obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam
biotik
|
Naskah
Soal
11. Seorang siswa melakukan pengamatan
terhadap air kolam dengan mikroskop. Ia menemukan mikroorganisme dengan ciri
memiliki flagela, memiliki inti bermembran , dan berklorofil. Mikroorganisme
tersebut adalah . . . .
a. Bakteri
b. Protozoa
c. Khamir
d. Algae
e. Jamur
Rambu
rambu jawaban
Ciri-ciri Algae :
1. Protista
berklorofil dan dapat berfotosintesis
2. sebagai
produsen dalam ekosistem
3. ada
yang uniseluler dan multiseluler
4. ada
yang berukuran sangat besar
5. algae
dibedakan berdasarkan alat gerak serta pigmen yang dikandungnya yaitu :
Euglenophyta (memiliki flagelata), Dinoflagellata (ganggang api), Chrysophyta
(ganggang keemasan), Chlorophyata (ganggang hijau), Phaeophyata (ganggang
cokelat), dan Rhodophyta (ganggang merah)
|
|
INDIKATOR
|
||
Menjelaskan
ciri dan peranan virus, bakteri, protista, dan jamur dalam kehidupan manusia
|
||
MATERI
|
||
Peranan
mikroorganisme (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
D
|
KARTU SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
12
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi
obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam
biotik
|
Naskah
Soal
12. Bakteri Rhizobium memiliki manfaat yang sangat besar dalam hal . . . .
a. Menyuburkan tanaman karena
membantu mengikat Nitrogen bebas
b. Menghasilkan nitrit yang
menyuburkan tanah
c. Digunakan untuk pembuatan tempe
d. Mengikat CO2 bebas dari udara
e. Meningkatkan kadar O2 di udara
Rambu
rambu jawaban
Peranan positif / menguntungkan ari Bakteri
1.
Bakteri dekomposer menguraikan sisa organisme
2.
Escherichia coli membusukkan makanan di usus
besar
3.
Nitrosococcus dan Nitrosomonas membentuk
nitrit dalam tanah untuk meningkatkan kesuburan tanah
4.
Rhizobium bersimbiosis dengan akar
kacang-kacangan untuk mengikat nitrogen bebas yang meningkatkan kesuburan
5.
Streptomyces aureofacien menghasil antibiotik
aeuromisin
6.
Streptomyces griceus menghasil antibiotik
streptomisin
7.
Methanobacterium penghasil gas metan / biogas
8.
Clostridium acetobutylicum berperan dalam
pembuatan aceton dan butanol
9.
Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus
thermophilus berperan dalam pembuatan yoghurt
10. Lactobacillus
casei berperan dalam pembuatan susu asam dan sebagai prebiotik
|
|
INDIKATOR
|
||
Menyebutkan
contoh jenis virus, bakteri, protista , dan jamur yang menguntungkan manusia
beserta manfaatnya
|
||
MATERI
|
||
Peranan
mikroorganisme (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
A
|
KARTU
SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
13
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi
obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam
biotik
|
Naskah
Soal
13. Virus yang menyebabkan penyakit
campak pada Manusia adalah ...
a. Virus Influenza
b. Rubivirus
c. Virus Rubeola
d. Virus Dengue
e. HIV
Rambu
rambu jawaban
Peranan negatif / merugikan dari Virus bagi Manusia
1.
Virus Influensa (kelompok Orthomyxovirus)
penyebab influensa/ flu
2.
Virus dengue (Kelompok Flavivirus) penyebab
demam berdarah
3.
Rubivirus (kelompok Togavirus) penyeba rubella
4.
Poliovirus (Kelompok Pocarnavirus) penyeba
polio
5.
5 Virus Rubeola (Kelompok Paramyxovirus)
penyeba campak
6.
Virus hepatitis A (Kelompok Picornavirus)
penyebab Hepatitis A
7.
Virus Hepatitis B (Kelompok Hepadnavirus) penyebab Hepatitis B
8.
Virus Hepatitis C (Kelompok Flavivirus) penyebab Hepatitis C
9.
HSV / Herpes Simplex Virus (Kelompok
10.
Herpes virus)
penyebab Herpes
11.
HIV /Human Immunodeficiency Virus (Kelompok
Retrovirus) penyebab AIDS (Acquored Immuno Deficiency Sindrome)
|
|
INDIKATOR
|
||
Menyebutkan
contoh jenis virus, bakteri, protista, dan jamur yang merugikan manusia
beserta kerugian yang ditimbulkannya
|
||
MATERI
|
||
Peranan mikroorganisme
(virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
C
|
KARTU SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
14
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi
obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam
biotik
|
Naskah
Soal
14. Virus yang menyebabkan penyakit
Herpes pada Manusia adalah ...
a. HSV
b. HIV
c. RSV
d. NDV
e. TMY
Rambu
rambu jawaban
Peranan negatif / merugikan dari Virus bagi Manusia
1. Virus
Influensa (kelompok Orthomyxovirus) penyebab influensa/ flu
2. Virus
dengue (Kelompok Flavivirus) penyebab demam berdarah
3. Rubivirus
(kelompok Togavirus) penyeba rubella
4. Poliovirus
(Kelompok Pocarnavirus) penyeba polio
5. Virus
Rubeola (Kelompok Paramyxovirus) penyeba campak
6. Virus
hepatitis A (Kelompok Picornavirus) penyebab Hepatitis A
7. Virus
Hepatitis B (Kelompok Hepadnavirus)
penyebab Hepatitis B
8. Virus
Hepatitis C (Kelompok Flavivirus)
penyebab Hepatitis C
9. HSV
/ Herpes Simplex Virus (Kelompok
10. Herpes
virus) penyebab Herpes
11. HIV
/Human Immunodeficiency Virus (Kelompok Retrovirus) penyebab AIDS (Acquored
Immuno Deficiency Sindrome)
|
|
INDIKATOR
|
||
Menyebutkan
contoh jenis virus, bakteri, protista, dan jamur yang merugikan manusia
beserta kerugian yang ditimbulkannya
|
||
MATERI
|
||
Peranan
mikroorganisme (virus, bakteri, protista, dan jamur) dalam kehidupan manusia
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
A
|
KARTU SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
15
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam abiotik.
|
Naskah
Soal
Dari pertanyaan dibawah ini yang tidak membuktikan bahwa bumi itu bulat
adalah . . . .
a.
Kapal yang meninggalkan pelabuhan mengikuti lengkung bumi
b.
Kapal yang berlayar kesatu arah, akan kembali ketempat semula
c.
Potret bumi terhadap matahari
d.
Bentuk orbit bumi terhadap matahari
e.
Kapal berlayar mula-mula badan kapal menghilang & akhirnya
tiang-tiangnya.
Rambu
rambu jawaban
ü Bukti bahwa
bentuk bumi bulat
1.
Kapal yang meninggalkan pelabuhan mengikuti lengkung bumi,
mula-mula badan kapal menghilang & akhirnya tiang-tiangnya.
2.
Kapal yang berlayar terus ke satu arah tertentu akan kembali
ke tempat semula. Pelayaran ini pertama kali dilakukan oleh Magelhan Tahun
1522.
3.
Bukti yang tak terbantahkan adalah potret bumi dari pesawat
Apollo 17 bulan Desember 1972.
|
|
INDIKATOR
|
||
Menjelaskan 3 peristiwa yang membuktikan bahwa bumi bulat.
|
||
MATERI
|
||
Bumi dan Benda
Langit
-
Rotasi Bumi
-
Revolusi Bumi
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
D
|
KARTU SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
16
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam abiotik.
|
Naskah
Soal
Bumi tidak persis seperti bola, tetapi agak pepet dikedua tutupnya, ini
dissebabkan oleh . . . .
a.
Khatulistiwa berayun kearah luar akibat rotasi bumi
b.
Bumi berevolusi terhadap matahari
c.
Bulan berevolusi terhadap bumi
d.
Orbit bumi berbentuk lingkaran
e.
Bentuk Bumi seperti telur
Rambu rambu
jawaban
Fakta :
o
Bentuk bumi tidak bulat seperti bola, tetapi agak pepat di
kedua kutubnya dan menggembung di sekitar khatulistiwa.
o
Bumi berputar dengan posisi miring sekitar 230.
o
Bumi berotasi dari barat ke timur (negative=berlawanan dengan
arah jarum jam)…
o
Kelajuan rotasi bumi 1667 km/jam.
|
|
INDIKATOR
|
||
Menjelaskan bentuk bumi tidak bulat seperti bola.
|
||
MATERI
|
||
Bumi dan Benda
Langit
-
Rotasi Bumi
-
Revolusi Bumi
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
A
|
KARTU SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
17
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam abiotik.
|
Naskah
Soal
Manakah yang bukan akibat rotasi bumi . . . .
a.
Peredaran semu harian benda langit
b.
Peredaran musim
c.
Perbedaan waktu
d.
Pembelokan arah angin
e.
Percepatan gravitasi di kutub besar dari pada disekitar
khatulistiwa
Rambu
rambu jawaban
Fakta
Rotasi Bumi
o
Benda-benda langit beredar dari timur ke barat.
o
Peredaran semu harian matahari : 24 jam, bintang 23 jam 56
menit, bulan 24 jam 50 menit.
o
Di khatulistiwa lama siang dan malam hamper sama yaitu
siang 12 jam dan malam 12 jam.
o
Semakin jauh dari khatulistiwa semakin besar perbedaan siang
dengan malam.
o
Bumi berotasi dari barat ke timur sehingga orang di Indonesia
bagian timur lebih duluan melihat matahari dari orang di Indonesia bagian
barat.
o
Rotasi bumi menyebabkan pembelokan arah angin.
o
Udara bergerak dari daerah bertekanan tinggi ke daerah
bertekanan rendah.
o
Aliran angin membelok ke kanan pada belahan bumi utara, dan
membelok ke kiri pada belahan bumi selatan.
o
Arus laut membelok searah jarum jam di laut-laut belahan bumi
utara dan berlawanan arah jarum di laut-laut belahan bumi selatan.
o
Percepatan gravitasi di kutub besar dari pada disekitar
khatulistiwa.
|
|
INDIKATOR
|
||
Menjelaskan periode rotasi bumi.
Menjelaskan akibat rotasi bumi.
|
||
MATERI
|
||
Bumi dan Benda
Langit
-
Rotasi Bumi
-
Revolusi Bumi
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
B
|
KARTU SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
18
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam abiotik.
|
Naskah
Soal
Akibat revolusi bumi, kecuali . . . .
a.
Pergantian musim
b.
Gerak semu tahunan matahari
c.
Perbedaan waktu
d.
Terlihatnya rasi bintang yang berbeda-beda
e.
Matahari melakukan pergerakan semu tahunan ke utara dan ke
selatan khatulistiwa.
Rambu
rambu jawaban
Fakta Revolusi Bumi
ü Periode revolusi
bumi adalah 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik
ü Matahari
melakukan pergerakan semu tahunan ke utara dan ke selatan khatulistiwa.
ü Di daerah
beriklim subtropis mengalami 4 musim yaitu musim semi, musim panas,musim
gugur dan musim dingin.
ü Pada musim panas
dan musim semi waktu siang lebih lama, pada waktu musim gugur dan musim
dingin waktu malam lebih lama.
ü Indonesia
mengalami dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan.
ü Antara bulan Oktober
– Maret Indonesia mengalami musim kemarau, sedangkan antara bulan April –
September Indonesia mengalami musim hujan.
ü Dari bulan ke
bulan rasi bintang yang terlihat berbeda- beda.
ü Selain melakukan
gerak revolusi bumi juga melakukan gerak presisi yang arahnya positif.
|
|
INDIKATOR
|
||
Menjelaskan akibat revolusi bumi.
|
||
MATERI
|
||
Bumi dan Benda
Langit
-
Rotasi Bumi
-
Revolusi Bumi
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
A
|
KARTU SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
19
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam abiotik.
|
Naskah
Soal
Periode revolusi bumi adalah . . . .
a.
24
jam
b.
29,5 hari
c.
365 ¼
hari
d.
354 hari
e.
28 hari
Rambu
rambu jawaban
Fakta Revolusi Bumi
ü Periode revolusi
bumi adalah 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik
ü Matahari
melakukan pergerakan semu tahunan ke utara dan ke selatan khatulistiwa.
ü Di daerah
beriklim subtropis mengalami 4 musim yaitu musim semi, musim panas,musim
gugur dan musim dingin.
ü Pada musim panas
dan musim semi waktu siang lebih lama, pada waktu musim gugur dan musim
dingin waktu malam lebih lama.
ü Indonesia
mengalami dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan.
ü Antara bulan
Oktober – Maret Indonesia mengalami musim kemarau, sedangkan antara bulan
April – September Indonesia mengalami musim hujan.
ü Dari bulan ke
bulan rasi bintang yang terlihat berbeda- beda.
ü Selain melakukan
gerak revolusi bumi juga melakukan gerak presisi yang arahnya positif.
|
|
INDIKATOR
|
||
Menjelaskan periode revolusi bumi.
|
||
MATERI
|
||
Bumi dan Benda
Langit
-
Rotasi Bumi
-
Revolusi Bumi
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
B
|
KARTU SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
20
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh
informasi gejala alam abiotik.
|
Naskah
Soal
Matahari bergerak dari timur kebarat disebut . . . .
a.
Peredaran semu harian matahari
b.
Perbedaan waktu
c.
Peredaran semu terluar matahari
d.
Perubahan musim
e.
Pergerakan waktu
Rambu
rambu jawaban
Fakta Revolusi Bumi
ü Periode revolusi
bumi adalah 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik
ü Matahari
melakukan pergerakan semu tahunan ke utara dan ke selatan khatulistiwa.
ü Di daerah
beriklim subtropis mengalami 4 musim yaitu musim semi, musim panas,musim
gugur dan musim dingin.
ü Pada musim panas
dan musim semi waktu siang lebih lama, pada waktu musim gugur dan musim
dingin waktu malam lebih lama.
ü Indonesia
mengalami dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan.
ü Antara bulan
Oktober – Maret Indonesia mengalami musim kemarau, sedangkan antara bulan
April – September Indonesia mengalami musim hujan.
ü Dari bulan ke
bulan rasi bintang yang terlihat berbeda- beda.
ü Selain melakukan
gerak revolusi bumi juga melakukan gerak presisi yang arahnya positif.
|
|
INDIKATOR
|
||
Menjelaskan akibat revolusi bumi.
|
||
MATERI
|
||
Bumi dan Benda
Langit
-
Rotasi Bumi
-
Revolusi Bumi
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
A
|
KARTU SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
21
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam abiotik.
|
Naskah
Soal
Indonesia mengalami dua musim yaitu musim kemarau dan
musim hujan.adalah akibat dari . . . .
a.
Revolusi Bumi
b.
Revolusi Bulan
c.
Revolusi matahari
d.
Rotasi Bumi
e.
Rotasi Bulan
Rambu
rambu jawaban
Fakta Revolusi Bumi
ü Periode revolusi
bumi adalah 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik
ü Matahari melakukan
pergerakan semu tahunan ke utara dan ke selatan khatulistiwa.
ü Di daerah
beriklim subtropis mengalami 4 musim yaitu musim semi, musim panas,musim
gugur dan musim dingin.
ü Pada musim panas
dan musim semi waktu siang lebih lama, pada waktu musim gugur dan musim
dingin waktu malam lebih lama.
ü Indonesia
mengalami dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan.
ü Antara bulan
Oktober – Maret Indonesia mengalami musim kemarau, sedangkan antara bulan
April – September Indonesia mengalami musim hujan.
ü Dari bulan ke
bulan rasi bintang yang terlihat berbeda- beda.
ü Selain melakukan
gerak revolusi bumi juga melakukan gerak presisi yang arahnya positif.
|
|
INDIKATOR
|
||
Menjelaskan akibat revolusi bumi.
|
||
MATERI
|
||
Bumi dan Benda
Langit
-
Rotasi Bumi
-
Revolusi Bumi
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
A
|
KARTU SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
22
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam abiotik.
|
Naskah
Soal
Di khatulistiwa lama siang dan malam hamper sama yaitu
siang 12 jam dan malam 12 jam adalah akibat dari . . . .
a.
Revolusi Bumi
b.
Revolusi Bulan
c.
Revolusi matahari
d.
Rotasi Bumi
e.
Rotasi Bulan
Rambu
rambu jawaban
Fakta Rotasi Bumi
Fakta :
o
Benda-benda langit beredar dari timur ke barat.
o
Peredaran semu harian matahari : 24 jam, bintang 23 jam 56
menit, bulan 24 jam 50 menit.
o
Di khatulistiwa lama siang dan malam hamper sama yaitu
siang 12 jam dan malam 12 jam.
o
Semakin jauh dari khatulistiwa semakin besar perbedaan siang
dengan malam.
o
Bumi berotasi dari barat ke timur sehingga orang di Indonesia
bagian timur lebih duluan melihat matahari dari orang di Indonesia bagian
barat.
o
Rotasi bumi menyebabkan pembelokan arah angin.
o
Udara bergerak dari daerah bertekanan tinggi ke daerah
bertekanan rendah.
o
Aliran angin membelok ke kanan pada belahan bumi utara, dan
membelok ke kiri pada belahan bumi selatan.
o
Arus laut membelok searah jarum jam di laut-laut belahan bumi
utara dan berlawanan arah jarum di laut-laut belahan bumi selatan.
o
Percepatan gravitasi di kutub besar dari pada disekitar
khatulistiwa.
|
|
INDIKATOR
|
||
Menjelaskan akibat revolusi bumi.
|
||
MATERI
|
||
Bumi dan Benda
Langit
-
Rotasi Bumi
-
Revolusi Bumi
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
D
|
KARTU SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
23
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam abiotik.
|
Naskah
Soal
Berapakah lama waktu untuk 1 kali rotasi bumi . . . .
a.
24
jam
b.
354 hari
c.
365
hari
d.
29 hari
e.
1400 Menit
Rambu
rambu jawaban
Fakta Rotasi Bumi
Fakta :
Perbedaan waktu tergantung pada perbedaan garis bujur. Ketika bumi
berotasi satu kali, semua tempat di bumi telah berputar menempuh 3600 garis
bujur. Satu kali rotasi adalah 24 jam atau 1440 menit. Jadi 3600 ditempuh
dalam waktu 1440 menit maka waktu yang diperlukan untuk 10 adalah
4 menit. Jadi tempat yang berbeda 10bujur akan berbeda waktu 4
menit.
|
|
INDIKATOR
|
||
Menjelaskan periode rotasi bumi.
|
||
MATERI
|
||
Bumi dan Benda
Langit
-
Rotasi Bumi
-
Revolusi Bumi
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
A
|
KARTU SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
24
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam abiotik.
|
Naskah
Soal
Perbedaan tempat 1o bujur, terjadi perbedaan waktu . . .
.
a.
60
menit
b.
4 menit
c.
15
menit
d.
24 jam
e.
30 menit
Rambu
rambu jawaban
Fakta Rotasi Bumi
Fakta :
Perbedaan waktu tergantung pada perbedaan garis bujur. Ketika bumi
berotasi satu kali, semua tempat di bumi telah berputar menempuh 3600 garis
bujur. Satu kali rotasi adalah 24 jam atau 1440 menit. Jadi 3600 ditempuh
dalam waktu 1440 menit maka waktu yang diperlukan untuk 10 adalah
4 menit. Jadi tempat yang berbeda 10bujur akan berbeda waktu 4
menit.
|
|
INDIKATOR
|
||
Menjelaskan periode rotasi bumi.
|
||
MATERI
|
||
Bumi dan Benda
Langit
-
Rotasi Bumi
-
Revolusi Bumi
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
B
|
KARTU SOAL PILIHAN JAMAK
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SRAGI
Penyusun : Wayan
Putra, S.Pd
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Kelas :
X (AK) Semester : Genap
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
NOMOR SOAL
|
BUKU SUMBER BELAJAR
|
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
25
|
Buku IPA SMK/MAK
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUMUSAN SOAL
|
|
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh
informasi gejala alam abiotik.
|
Naskah
Soal
Penyebab utama pasang naik dan pasang surut adalah . . . .
a.
Gaya tarik bulan terhadap bumi
b.
Gaya tarik bumi terhadap bulan
c.
Rotasi bumi pada porosnya
d.
Rotasi bulan pada porosnya
e.
Rotasi Matahari pada Porosnya
Rambu
rambu jawaban
Fase bulan
ü Perubahan bentuk
semu bulan berlangsung selama satu bulan sinodik adalah 29,5 hari.
v Pada kedudukan 1
(bulan baru)
Bulan ,matahari dan bumi terletak pada satu garis lurus.
v Kedudukan 2
(bulan sabit)
Separoh bagian bulan yang menghadap ke
bumi hanya ⅓ yang terkena sinar matahari.
v Kedudukan 3
(Perbani awal)
Separoh bagian bulan yang menghadap
bumi hanya yang terkena sinar matahari.
v Kedudukan 4
(bulan benjol)
Separoh bagian bulan yang menghadap ke
bumi ⅔ yang terkena sinar matahari.
v Kedudukan 5
(bulan purnama)
Matahari, bumi dan bulan kembali terletak pada satu garis lurus dan bumi
berada antara matahari dan bulan.
o Pasang naik dan
pasang surut disebabkan adanya gaya tarik bulan terhadap bumi.
o Gerhana bulan dan
gerhana matahari.
o Gerhana bulan dan
gerhana matahari disebabkan oleh bayangan bumi atau bulan yang menutupi
sinar matahari.
|
|
INDIKATOR
|
||
Menjelaskan periode rotasi bumi.
|
||
MATERI
|
||
Bumi dan Benda
Langit
-
Rotasi Bumi
-
Revolusi Bumi
|
||
KUNCI JAWABAN
|
||
A
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar